Penggunaan media benda manipulatif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perkalian tiga bilangan satu angka pada siswa kelas 3 SDN Blarang 1 Kecamatan Tutur / Lilik Istiqomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media benda manipulatif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perkalian tiga bilangan satu angka pada siswa kelas 3 SDN Blarang 1 Kecamatan Tutur / Lilik Istiqomah

Istiqomah, Lilik (2010) Penggunaan media benda manipulatif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perkalian tiga bilangan satu angka pada siswa kelas 3 SDN Blarang 1 Kecamatan Tutur / Lilik Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqomah Lilik. 2010. Penggunaan Media Benda manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Perkalian Tiga Bilangan Satu Angka pada Siswa Kelas 3 SDN Blarang I Tutur Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Irianto S.Pd M.Pd (II) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd. Kata Kunci Benda Manipulatif Pemecahan Masalah Perkalian Bilangan Pendidikan Nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya dalam menghadapi tantangan global. Berdasarkan data di lapangan pembelajaran tanpa menggunakan benda manipulatif tidak selalu dipraktikkan di SDN Blarang I Tutur Pasuruan. Sehingga berdampak terhadap hasil belajar artinya kompetensi siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah perkalian dengan cara menggunakan benda manipulatif dalam proses pembelajaran di kelas 3 SDN Blarang I Tutur Pasuruan. Sehingga penanaman konsep dan prosedur pemecahan masalah perkalian akan lebih mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan PTK ini menggunakan model guru sebagai partisipan penelitian dengan acuan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan secara bersiklus sampai tujuan pembelajaran tercapai. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan kemampuan siswa dalam memecahan masalah perkalian tiga bilangan satu angka dengan menggunakan benda manipulatif. Hal ini ditunjukkan dari hasil tindakan sebelum menggunakan media benda manipulatif melalui pretes dan setelah menggunakan benda manipulatif melalui uji kompetensi pada siklus I dan siklus II. Selain itu aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan karena siswa mengalami secara langsung dalam penggunaan benda manipulatif. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil pengamatan sebelum dan sesudah adanya tindakan. Berdasarkan Penelitian Tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan benda manipulatif dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas serta kemampuan siswa dalam memecahkan masalah perkalian dan disarankan agar dalam pembelajaran perkalian tiga bilangan satu angka sebaiknya menggunakan media benda manipulatif pada penelitian selanjutnya yang lebih bervariasi dalam bentuk dan penataan warna sehingga menarik perhatian dan meningkatkan semangat belajar siswa. Selain itu juga memudahkan siswa untuk mengingat konsep dan menggunakan pada prosedur pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103211

Actions (login required)

View Item View Item