Peningkatan hasil pembelajaran matematika melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas II SDN Sidorejo 02 Kabupaten Blitar / Widya Prasetyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil pembelajaran matematika melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas II SDN Sidorejo 02 Kabupaten Blitar / Widya Prasetyowati

Prasetyowati, Widya (2010) Peningkatan hasil pembelajaran matematika melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas II SDN Sidorejo 02 Kabupaten Blitar / Widya Prasetyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyowati Widya. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas II SDN Sidorejo 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HM. Zainudin M. Pd. (II) Dra. Wasih DS M. Pd. Kata kunci Hasil Belajar Matematika Pembelajaran Kontekstual. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang perlu diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk membekali siswa dalam berpikir logis kritis kreatif dan mampu memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan matematika. Pemahaman konsep yang benar terhadap matematika sangat diperlukan. Pengukuran berat merupakan salah satu materi dalam matematikan yang sulit dipahami oleh siswa. Dalam menyelesaikan soal tentang pengukuran berat siswa kelas II SDN Sidorejo 02 mengalami kesulitan sehingga hasil belajar sebagian besar siswa tidak dapat mencapai ketuntasan belajar minimal yang ditentukan. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tidakan kelas untuk mencapai ketuntasan siswa dalam belajar. Tindakan yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan pembelajaran kontekstual. Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian dilakukan sesuai dengan tahapan yang dikemukakan Kemmis dan Taggrat. Subjek penelitian 12 orang siswa. Data yang diambil adalah data keterlaksanaan pembelajaran kontekstual kegiatan guru dalam pembelajaran kontekstual respon siswa terhadap pembelajaran dan hasil belajar siswa yang berupa tes akhir. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi angket dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif disajikan dalam bentuk kata-kata atau kualitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini target pencapaian keberhasilan individu dan klasikal dalam pembelajaran yang dipatok adalah 65% dan 70%. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut keterlaksanaan pembelajaran kontekstual mengalami peningkatan dari siklus I 33% menjadi 67% pada siklus II. Hasil belajar siswa yang berupa tes akhir secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I 67% menjadi 83% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas II dapat meningkat melalui pembelajaran kontekstual. Dari hasil penelitian tersebut hendaknya guru dalam menyampaikan materi pengukuran berat langsung berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Guru harus mampu mengembangkan dan menggunakan media nyata yang sesuai untuk mengajarkan materi pengukuran berat sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103210

Actions (login required)

View Item View Item