Meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran berbantuan media internet pada siswa kelas VI SDN Mergosono 3 Kota Malang / Sigit Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran berbantuan media internet pada siswa kelas VI SDN Mergosono 3 Kota Malang / Sigit Gunawan

Gunawan, Sigit (2010) Meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran berbantuan media internet pada siswa kelas VI SDN Mergosono 3 Kota Malang / Sigit Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gunawan Sigit. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Berbantuan Media Internet Pada Siswa Kelas VI SDN Mergosono 3 Kota Malang. Skripsi Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Malang. Pembimbing (I) Dra.Hj. Sukamti M.Pd. (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci pembelajaran IPA internet hasil belajar Salah satu faktor penyebab penguasaan materi pembelajaran IPA yang lemah di tingkat sekolah dasar adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memadai sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran IPA. Internet adalah salah satu media yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran IPA. Selain pengunaan e-mail siswa sebagai sarana belajar dan komunikasi guru pembelajaran mandiri menggunakan buku elektronik (BSE) dan penggunaan media animasi untuk memvisualisasikan materi pembelajaran berbasis internet untuk KBM dapat meningkatkan penguasaan materi khususnya pembelajaran IPA pada siswa kelas VI SDN Mergosono 3 Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan internet peningkatan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas VI melalui pembelajaran IPA berbantuan internet di SDN Mergosono 3 kecamatan Kedungkandang kota Malang yang melibatkan 43 siswa Tahun Pelajaran 2009-2010. Penelitian ini dilakukan melalui siklus Kemis MC. Taggart dengan menggunakan 2 fase atau 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Pengumpulan Data akan dilakukan dengan teknik observasi tes dan dokumentasi. 3 kali pertemuan untuk siklus I yang dilakukan pada tanggal 4 Maret 2010 8 Maret 2010 Dan 9 Maret 2010. Dan 3 kali pertemuan untuk siklus II yang dilakukan pada tanggal 12 Maret 2010 13 Maret 2010 Dan 17 Maret 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media internet sangat diperlukan. Hal ini dapat dilihat dari besarnya prosentase peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah mengikuti PBM dimana pada siklus I rata-rata keaktifan siswa mencapai 34 88% dan hasil belajar 56 (pra tindakan). Sedangkan kenaikan yang cukup signifikan ditunjukkan pada siklus II dimana rata-rata keaktifan siswa mencapai 75 97 % (meningkat 41 09%) dan hasil belajar 75 58 yang mengalami peningkatan sebanyak 19 58. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru Sekolah Dasar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang pembelajaran berbasis IT sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103209

Actions (login required)

View Item View Item