Peningkatan kemampuan menulis pantun melalui model paikem dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Mahnunin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis pantun melalui model paikem dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Mahnunin

Mahnunin (2010) Peningkatan kemampuan menulis pantun melalui model paikem dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Mahnunin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahnunin. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Melalui Model PAIKEM Dalam Pembelajarab Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Program Studi S1 PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci Kemampuan Menulis Pantun PAIKEM SD Kemampuan menulis pantun dapat mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas siswa dalam menyusun pantun secara benar. Keterampilan menulis pantun ini berhubungan karya sastra yang dihasilkan oleh siswa. Kemamapuan ini dapat dikembangkan melalui pembelajaran PAIKEM. Strategi pembelajaran PAIKEM mendorong siswa untuk aktif bertanya berlatih berinteraktif berprakarsa siswa mempunyai kemampuan menggunakan kartu keberanian mengemukakan pendapat sehingga siswa merasa nyaman dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) perencanaan model PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis pantun pada siswa kelas IV SDN Sebani Pandaan Pasuruan (2) model PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan dalam menulis pantun pada siswa kelas IV SDN Sebani Pandaan Pasuruan (3) hasil kemampuan menulis pantun setelah diterapkannya model PAIKEM pada siswa kelas IV SDN Sebani Pandaan Pasuruan. Rancangan penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian di SDN Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Objek penelitian berjumlah 25 siswa kelas IV. Metode pengumpulan data melalui observasi tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PAIKEM dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun jenaka kelas IV SDN Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan nilai (34%) dengan taraf keberhasilan baik. Sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi (65%) dengan taraf keberhasilan baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai pada siklus I rata-rata (69 2) dan siklus II rata-rata (81 2). Tanggapan siswa sangat senang terhadap model pembelajaran PAIKEM. Saran dalam penelitian ini (1) bagi guru jika aktivitas dan hasil belajar kemampuan menulis pantun ingin meningkat maka guru hendaknya menggunakan model pembelajaran PAIKEM (2) bagi kepala sekolah hendaknya memberikan bimbingan pembinaan dan dukungan terhadap guru terutama dalam hal meningkatkan kemampuan menulis melalui model pembelajaran PAIKEM ini (3) bagi peneliti lain model PAIKEM yang dilaksanakan penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103208

Actions (login required)

View Item View Item