Peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan pakem pada siswa kelas IV SDN Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Nailul Fitriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan pakem pada siswa kelas IV SDN Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Nailul Fitriya

Fitriya, Nailul (2010) Peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan pakem pada siswa kelas IV SDN Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung / Nailul Fitriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriya Nailul. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan PAKEM Pada Siswa Kelas IV SDN Sumberdadi 03 Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HM. Zainudin M.Pd. (II) Dra. Wasih DS M.Pd. Kata kunci hasil belajar bilangan bulat pendekatan PAKEM Matematika mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Dalam kesehariannya segala tindakan dan tingkah laku manusia selalu berhubungan dengan matematika meskipun hanya sedikit. Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang diutamakan dalam proses pendidikan di sekolah. Kegiatan pembelajaran matematika di SDN Sumberdadi 03 masih menggunakan model pembelajaran ekspositori. Siswa hanya menerima pengetahuan dari guru tanpa terlibat secara aktif untuk menemukan pengetahuan tersebut. Akibatnya banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Berdasarkan hasil observasi dari 26 siswa nilai rata-rata untuk pelajaran matematika masih kurang yaitu 50 8 dan belum mencapai SKM. Karena itulah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk mencapai ketuntasan siswa dalam belajar sesuai dengan SKM yang ditetapkan dalan KTSP SDN Sumberdadi 03. Tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan PAKEM. Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian dilakukan menurut tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek peneliti berjumlah 26 siswa. Data yang diambil adalah data tentang hasil belajar siswa keterlaksanaan pendekatan PAKEM kegiatan mengajar guru dan respon siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi tes dan angket. Teknik analisa data dilakukan setelah pelaksanaan tindakan pada setiap siklus. Analisa data merupakan proses menyeleksi menyederhanakan memfokuskan mengabstrasikan dan mengorganisasi data secara sistematik dan rasional untuk menyusun jawaban terhadap tujuan penelitian. Untuk hasil belajar digunakan SKM sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I 42 30% dan siklus II 88 46%. Keterlaksanaan pendekatan PAKEM dalam kegaiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I 30 76% dan siklus II 92 30%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PAKEM dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru mencoba menerapkan pendekatan PAKEM untuk membantu mengatasi kesulitan siswa sedangkan untuk peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan menerapkannya pada ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103206

Actions (login required)

View Item View Item