Peningkatan kemampuan mengarang melalui strategi tiru-olah-kembangkan (TOK) kelas IV MI Darul Huda Tanggung Bence Kabupaten Blitar / Lailatul Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mengarang melalui strategi tiru-olah-kembangkan (TOK) kelas IV MI Darul Huda Tanggung Bence Kabupaten Blitar / Lailatul Munawaroh

Munawaroh, Lailatul (2010) Peningkatan kemampuan mengarang melalui strategi tiru-olah-kembangkan (TOK) kelas IV MI Darul Huda Tanggung Bence Kabupaten Blitar / Lailatul Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munawaroh Lailatul. 2010. Peningkatan Kemampuan Mengarang Melalui Strategi Tiru-Olah-Kembangkan (TOK)Kelas IV MI Darul Huda Tanggung Bence Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M. Pd (II) Dra. LilikBintartik M.Pd Kata kunci mengarang siswa strategi TOK Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi TOK (Tiru-Olah-Kembangkan) di kelas IV MI Darul Huda Tanggung Bence Kabupaten Blitar tahun ajaran 2009/2010 (2) mendeskripsikan peningkatkan kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan kebahasaan dalam sebuah karangan di Kelas IV MI Darul Huda Tanggung Bence Kabupaten Blitar dengan menerapkan strategi TOK (Tiru-Olah-Kembangkan) (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa menuangkan gagasan dalam sebuah karangan di Kelas IV MI Darul Huda Tanggung Bence Kabupaten Blitar dengan menerapkan strategi TOK (Tiru-Olah-Kembangkan). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Huda Tanggung Bence Kabupaten Blitar tahun ajaran 2009/2010. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi kegiatan guru dan siswa serta hasil karangan siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data adanya peningkatan kemampuan mengarang siswa pada setiap siklus. Penerapan pembelajaran mengarang dengan strategi TOK dilakukan 2 siklus dan untuk mengetahui kemampuan dasar siswa maka dilaksanakan pra tindakan. Pada pra tindakan ketuntasan siswa adalah 29 17% hal ini karena metode yang digunakan gur adalah ceramah dan penugasan. Pada siklus 1 aspek pengetahuan kebahasaan mencapai 41 67% dan aspek penuangan gagasan 45 83%. pada siklus 2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan hingga mencapai 100%. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi TOK dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa kelas IV MI Darul Huda Tanggung Bence Kabupaten Blitar. Berdasarkan penelitian ini disarankan guru memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang cocok agar tercapai hasil maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103205

Actions (login required)

View Item View Item