Meningkatkan hasil belajar siswa melalui media specimen pada mata pelajaran IPA kelas III MI Zainiyah Tempel Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / Erik Silamsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar siswa melalui media specimen pada mata pelajaran IPA kelas III MI Zainiyah Tempel Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / Erik Silamsari

Silamsari, Erik (2010) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui media specimen pada mata pelajaran IPA kelas III MI Zainiyah Tempel Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan / Erik Silamsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Silamsari Erik. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Specimen Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III MI Zainiyah Tempel Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (2) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci Media Specimen Hasil Belajar IPA SD Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti di kelas III MI Zainiyah Tempel Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil observasi terhadap guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar diketahui bahwa terdapat permasalahan yang cukup kompleks pada pembelajaran IPA di kelas tersebut. Secara umum permasalahan tersebut dapat diidentifikasi menjadi beberapa masalah yaitu model pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang tepat kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan ceramah dan penggunaan media pembelajaran yang tersedia di sekolah kurang optimal sehingga motivasi belajar siswa sangat rendah yang ditandai oleh perilaku siswa yang kurang bersemangat dan kurang aktif dalam mencari pengetahuan sendiri dan hanya menunggu pemberian materi dari guru hal ini mengakibatkan sebagian besar hasil belajar siswa yang dibawah SKBM dan nilai rata-rata hasil belajar IPA secara klasikal sebesar 64 5. Keadaan inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menerapkan penggunaan media specimen sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media specimen 2) Mendiskripsikan keaktifan belajar siswa belajar dengan menggunakan media specimen dan 3) Mediskripsikan peningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan media specimen di kelas III MI Zainiyah Tempel Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan pada materi Penggolongan tumbuhan. Untuk itu rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Zainiyah Tempel Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan sebanyak 22 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media specimen pada materi penggolongan tumbuhan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I 58 0 dan siklus II 73 4. Sehingga mengalami peningkatan dari hasil observasi siklus I ke siklus II sebesar 15 4. Sedangkan pada observasi awal nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 64 5 siklus I 73 3 dan pada siklus II 81 2. Sehingga mengalami peningkatan dari observasi awal ke siklus I sebesar 8 8 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 7 9. hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media specimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas III MI Zianiyah Tempel Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Untuk itu disarankan bagi guru untuk menggunakan media pada saat pemebelajaran. Bagi sekolah disarankan dapat menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103202

Actions (login required)

View Item View Item