Peningkatan kualitas hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) melalui metode role playing pada siswa kelas II SDN 03 Manggis Panggul Trenggalek / Ajib Gono Puspito - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kualitas hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) melalui metode role playing pada siswa kelas II SDN 03 Manggis Panggul Trenggalek / Ajib Gono Puspito

Puspito, Ajib Gono (2010) Peningkatan kualitas hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) melalui metode role playing pada siswa kelas II SDN 03 Manggis Panggul Trenggalek / Ajib Gono Puspito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspito Ajib Gono. 2010. Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Kelas II SDN 03 Manggis Panggul Trenggalek. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutji Rahaju M.SI (II) Suwarti S.Pd M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasil belajar gotong royong role playing Hasil belajar PKn pada pokok bahasan saling hidup rukun di kelas 2 SDN 3 Manggis kurang memuaskan yaitu hanya sebanyak 3 siswa dari 13 siswa yang sudah mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga nilainya juga dapat meningkat. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui bermain peran. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Manggis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek dengan subyek penelitian siswa kelas 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan tes. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas 63 ada 5 siswa yang tuntas belajar dan 8 siswa belum tuntas belajar atau persentase ketuntasan 38%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 82 dan semua siswa tuntas belajar yaitu 13 siswa dengan persentase ketuntasan 100%. Peningkatan hasil belajar menggunakan metode role playing nilai siswa pada siklus I yaitu 63 meningkat menjadi 82 atau persentase ketuntasan 38% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dari 5 siswa yang tuntas belajar pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada tema hidup gotong royong. Untuk itu hendaknya para guru disarankan menerapkan metode role playing kepada siswa supaya hasil yang diperoleh maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103195

Actions (login required)

View Item View Item