Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN Karangsari 3 Kota Blitar / Purwo Hadi Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN Karangsari 3 Kota Blitar / Purwo Hadi Saputro

Saputro, Purwo Hadi (2010) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN Karangsari 3 Kota Blitar / Purwo Hadi Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV A SDN KARANGSARI 3 KOTA BLITAR Oleh Purwo Hadi Saputro ABSTRAK Pemilihan model pembelajaran kooperatif STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Karangsari 3 Kota Blitar dalam pembelajaran IPS dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar yaitu 65 karena selama ini guru menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam dua siklus setiap siklus secara berdaur meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi aktifitas siswa baik individ maupun kelompok. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran IPS di kelas III SDN Karangsari 3 Kota Blitar yaitu pada pratindakan sebesar 33% siklus I 76% dan siklus II 100%dari hal tersebut dapat diketahui bahwa kenaikan prosesnya dari pra tindakan ke siklus I sebesar 43% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 24%. Dari hal tersebut dapat diketahui pula bahwa aktivitas siswa juga meningkat dari pra tindakan 0% siklus I 74% dan siklus II 80%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari pra tindakan ke siklus I sebesar 43 % dan dari siklus I ke siklus II sebesar 24%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar atau aktivitas siswa. Kata kunci model pembelajaran kooperatif STAD hasil belajar pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103191

Actions (login required)

View Item View Item