Improving the ability in writing recount text through process writing in photo series fold book at SMPN 6 Malang / Arum Islami - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving the ability in writing recount text through process writing in photo series fold book at SMPN 6 Malang / Arum Islami

Islami, Arum (2016) Improving the ability in writing recount text through process writing in photo series fold book at SMPN 6 Malang / Arum Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Islami Arum. 2016. MeningkatkanKemampuanSiswaKelasDelapandalamMenulisTeks RecountMenggunakanProcess Writing di dalam Photo Series Fold Book di SMPN 6 Malang. Skripsi. JurusanBahasaInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. EkaningDewantiLaksmi M.Pd M.A. (II) Prof. Drs. BambangYudiCahyono M.Pd M.A Ph.D Kata Kunci kegiatanmenulis photo series fold book proses menulis fotopribadi teksrecount. Dalam proses pengajarankeempatketerampilanBahasaInggris di dalamkelas kegiatanpengajaranmenulisdianggapsebagaisalahsatuhal yang sulitbagi guru. Bagimayoritassiswa kegiatanmenulisdianggapsebagaisalahsatukemampuan yang paling sulitdanrumituntukdipelajarikarenamerekaharusberhadapandengankompleksitasdalamtahapandankomponenpenulisan. Masalahitujugadihadapiolehsiswakelas 8.7 di SMPN 6 Malang. Observasipendahuluan yang telahdilakukanmenunjukkanbahwasiswamengalamikesulitanuntukmenemukan ide mengembangkan ide menyusun ide memilihkosakata yang sesuai danmenggunakantatabahasa yang benar. Selainitu guru merekatidakpernahmenggunakantekniktertentudalammengajarkanmenulis. Untukmemecahkanmasalahini penelitimenggunakanProcess Writing di dalamPhoto series fold book untukmeningkatkankemampuansiswadalammenulisteksrecount. Photo series fold book adalahsebuah media pembelajaran yang terdiridaribeberaparangkaainfotopribadi yang yangditempelkan di kertasAsturodandilengkapidengan detail darifotodisertaidenganprocess writing templatesdigunakakanuntukmenceritakankembalipengalamanatauperistiwamasalalusiswa yang kemudiandilipatmenjadisebuahbuku. Photo series fold book menjadisalahsatu media pembelajaran yang tidakhanyamembantusiswadalammenganalisastrukturdarisebuahceritadanmenyederhanakancerita yang rumitteatpijugamemotivasisiswauntukbelajarlebihbaikdanmembuat proses pembelajaranmenjadimenarik menyenangkandantidakmudahuntukdilupakan. Strategidalampenelitianinidapatdilakukandalambeberapalangkah (1) memintasiswauntukmembawabeberapafotopribadimereka (2) memintasiswauntukmenulisjuduldaripengalamanatauperistiwapribadimerekadanjugaidentitasmereka di sampuldepanphoto series fold book (3) memintasiswauntukmeletakkanfotopribadimerekasesuaidenganurutannya (4) memintasiswauntukmelakukanpre-writingdenganmenuliskanbeberapa detail tentangapa yang terjadi di dalamsetiapfotopribadi yang telahmerekabawa (5) memintasiswauntukmenulis draft pertamamerekatentangpengalamanmasalalumerekamenggunakandrafting template yang ditempelkan di belakangphoto series fold book kemudianmerekaharusmenyerahkan draft tersebutkepadapenelitiuntukmendapatkantimbalbalikdankomentar (6) memintasiswauntukmerevisidanmengeditkarangannyaberdasarkantimbalbalikdankomentar yang telahmerekadapatkandaripenelitidanmenuliskaranganakhirmerekasecaraindividudanmenyerahkannyakepadapeneliti (7) memintasiswauntukmenulissebuahteksrecount yang baikdengan topic yang berbedauntukmengetahuipeningkatandarikemampuanmenulismereka. DesaindalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas yang dilaksanakansecarakolaboratifdenganmeliputitahapanpenelitianpendahuluan perencanaan pelaksanaan observasi danrefleksi. Subjekpenelitianiniadalah 34 siswakelas 8.7 di SMPN 6 Malang. Instrumen yang digunakanberupatugasmenulis catatanlapangan kuesioner ceklisobservasidandaftarpertanyaanwawancara. Data yang terkumpuldariinstrumen-instrumentersebutkemudiandianalisisdandibandingkandengan indicator dankriteriakesuksesanpenelitianini yaitu (1) jika 75% darisiswaatau (25 orang dari 34 siswa) mampumenunjukkanpeningkatannilaisejumlahataulebihdari KKM yaitu 75 (2) jika 75% siswamenunjukkanpositif response terhadap strategy yang diimplementasikanolehpeneliti. HasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilaimuridsetelahpenggunaaanPhoto series fold book menunjukkanpeningkatandanmampumelampui 75. Selainitu lebihdari 75% siswamampumenunjukkanresponpositifdenganselaluaktifselama proses pembelajarandanpengajarandanmenunjukkansikappositifterhadappenggunaanphoto series fold book. Hasilpenelitiantersebutmenunjukkanbahwahasilpenelitiandapatmemenuih indicator dalamkesuksesanpenelitianini. Maka dapatdisimpulkanbahwapenggunaanphoto series fold book dapatmeningkatkankemampuansiswakelas 8.7 di SMPN 6 Malang dalammenulisteksrecount. Penelitianinimengemukakanbeberapa saran kepada guru bahasaInggrisdanpenelitiselanjutnya. Bagi guru bahasaInggris di SMPN 6 Malang hasildaripeneilitianinidapatdigunakansebagaisalahsatusolusidalammenyelesaikanmasalahpengajaranmenulisuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenulisterutamapenulisanteksrecount. Untuk guru bahasaInggrislainnya yang jugamempunyaimasalah yang samadenganpengajaranmenulisdapatmengambilhasildaripenelitianinisebagaipertimbanganuntukmembuat media pembelajaran lain yang dapatmeningkatkankemampuansiswadalammenulis. Selainitudisarankanjugabagi para guru bahasaInggrisuntukmemperhatikan detail dariaktivitasimplementasi media di dalamkelas. Dan yang terakhir disarankanbagipenelitiberikutnyauntukmengadakanpenelitiandalampenggunaanphoto series fold book untukpembelajaranjenisteks lain danpadajenjangpendidikan lain. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item View Item