Peningkatan pembelajaran membaca melalui metode survey, question, read, recite, revirw siswa kelas V SDN 3 Manggis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek / Guntur Wicaksono Sigit - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran membaca melalui metode survey, question, read, recite, revirw siswa kelas V SDN 3 Manggis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek / Guntur Wicaksono Sigit

Sigit, Guntur Wicaksono (2010) Peningkatan pembelajaran membaca melalui metode survey, question, read, recite, revirw siswa kelas V SDN 3 Manggis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek / Guntur Wicaksono Sigit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sigit Guntur Wicaksono. Peningkatan Pembelajaran Membaca Melalui Metode Survey Question Read Recite Review Siswa Kelas V SDN 3 Manggis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Sri Nuryati M.Pd. Kata Kunci membaca survey question read recite review Membaca merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang pembelajaran siswa. Untuk meningkatkan pembelajaran membaca dilakukan dengan menerapkan metode survey question read recite review tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode survey question read recite review dalam pembelajaran membaca dan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode survey question read recite review dalam peningkatan pembelajaran membaca siswa kelas V SDN 3 Manggis Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini penelitian berlangsung sebanyak tiga putaran (siklus). Masing-masing putaran terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada penerapan metode survey question read recite review diperoleh rata-rata persentase kegiatan siklus I 71% siklus II 76% dan siklus III 87%. Untuk hasil penerapan metode survey question read recite review terhadap peningkatan pembelajaran membaca diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa siklus I 63% siklus II 68% dan siklus III 79%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode survey question read recite review dapat meningkatkan pembelajaran membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk guru hendaknya pembelajaran membaca dapat menggunakan metode survey question read recite review. Untuk siswa agar lebih berani kreatif dan tidak takut bertanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103187

Actions (login required)

View Item View Item