Peningkatan hasil belajar membandingkan bilangan pecahan melalui pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN I Sumberagung Kabupaten Tulungagung / Fanandri Diyaulhaq - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar membandingkan bilangan pecahan melalui pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN I Sumberagung Kabupaten Tulungagung / Fanandri Diyaulhaq

Diyaulhaq, Fanandri (2010) Peningkatan hasil belajar membandingkan bilangan pecahan melalui pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN I Sumberagung Kabupaten Tulungagung / Fanandri Diyaulhaq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diyaulhaq Fanandri. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Membandingkan Bilangan Pecahan Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV SDN I Sumberagung Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan PrasekolahProgram studi Sarjana Kependidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto M.Si (II) Drs. Imam Hanafi M.M. Kata Kunci hasil belajar membandingkan pecahan pembelajaran CTL Proses pembelajaran matematika di SDN I Sumberagung yang selama ini digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan metode caramah guru secara aktif menyampaikan informasi kepada siswa sedangkan aktivitas siswa pasif pada saat kegiatan pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan oleh siswa hanya duduk mendengar mencatat dan mengerjakan tugas. Penyampaian informasi yang diberikan kepada siswa secara abstrak. Hal ini menyebabkan rendahnya pemahaman siswa untuk mengusai konsep membandingkan pecahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran CTL pada konsep membandingkan bilangan pecahan bagi siswa kelas IV SDN I Sumberagung Kabupaten Tulungagung (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar membandingkan bilangan pecahan bagi siswa kelas IV SDN I Sumberagung Kabupaten Tulungagung melalui pembelajaran CTL. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Sumberagung Kabupaten Tulungagung dengan jumlah siswa sebanyak 14 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) angket dan (3) dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Penerapan pembelajaran CTL dengan materi membandingkan bilangan pecahan diimplementasikan dengan tujuh komponen yang ada dalam pembelajaran CTL yaitu kontruktivis inkuiri bertanya pemodelan masyarakat belajar refleksi dan penilaian sebenarnya. Penerapan pembelajaran CTL ini digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran. Pada hasil belajar pratindakan ketuntasan klasikal mencapai 29 % siklus I ketuntasan belajar mencapai 57 % dan siklus II menjadi 86 % hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dari pra tindakan sampai siklus II sebesar 57 %. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah dalam penerapan pembelajaran CTL hendaknya guru memulai dengan membangun pengetahuan nyata siswa dari pengetahuan awal akan ditemukan pola-pola tertentu. Dari pola akan terbentuk pertanyaan-pertanyaan. Dari pertanyaan siswa mampu memperagakan mengaplikasikan ke dalam kehidupan nyata dan akhirnya mampu menyimpulkan menjadi pengetahuan yang bermakna. Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dilakukan dengan cara evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103185

Actions (login required)

View Item View Item