Peningkatan hasil belajar kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) melalui pendekatan kooperatif model teams games tournaments (TGT) siswa kelas IV SDN I Tenggong Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Yeni Suryaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) melalui pendekatan kooperatif model teams games tournaments (TGT) siswa kelas IV SDN I Tenggong Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Yeni Suryaningsih

Suryaningsih, Yeni (2010) Peningkatan hasil belajar kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) melalui pendekatan kooperatif model teams games tournaments (TGT) siswa kelas IV SDN I Tenggong Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung / Yeni Suryaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suryaningsih Yeni. 2010. Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB Melalui Pendekatan Kooperatif Model TGT Siswa Kelas IV SDN I Tenggong Kecamatan Rejotangan Tulungagung . Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan PrasekolahProgram studi Sarjana Kependidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Hanafi M.M. (II) Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. Kata Kunci hasil belajar KPK dan FPB TGT Proses pembelajaran matematika di SDN I Tenggong yang selama ini digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan cara konvensional yaitu ceramah guru secara aktif memberikan informasi kepada siswa sedangkan partisipasi siswa selama proses pembelajaran tampak pasif. Kegiatan yang dilakukan oleh siswa hanya duduk dengar dan mencatat tugas. Penyampaian informasi yang diberikan kepada siswa secara abstrak. Hal ini menyebabkan rendahnya pemahaman siswa untuk mengusai konsep KPK dan FPB. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mendiskripsikan penerapan pendekatan kooperatif model TGT dalam pembelajaran KPK dan FPB siswa kelas IV SDN Tenggong 01 Kabupaten Tulungagung (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar KPK dan FPB melalui pendekatan kooperatif model TGT siswa kelas IV SDN I Tenggong Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Tenggong Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung dengan jumlah siswa sebanyak 9 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) Tes (2) observasi dan (3) dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Penerapan pendekatan kooperatif model TGT dalam pembelajaran KPK dan FPB diimplementasikan dengan lima tahap yaitu tahap persiapan penyampaian materi belajar tim turnamen dan rekognisi tim. Penerapan pendekatan kooperatif model TGT ini digunakan untuk meningkatkan penilaian proses siswa dan hasil belajar. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan penilaian proses selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan peningkatan hasil belajar siswa. Penilaian proses dari siklus I sebanyak 56 % dan siklus II sebanyak 100 % hal ini menunjukkan peningkatan kualitas proses sebesar 44 %. Ketuntasan belajar pada siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dari 67 % menjadi 89 % hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 22 %. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah dalam penerapan pendekatan kooperatif model TGT hendaknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar tim agar siswa mudah memahami materi dan selalu termotivasi belajar dengan adanya penghargaan dari guru atas hasil belajar yang diraih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103182

Actions (login required)

View Item View Item