Using modified snake and ladder game to improve the vocabulary mastery of the fourth graders of MIN Curah Jeru Situbondo / Indah Intan Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Using modified snake and ladder game to improve the vocabulary mastery of the fourth graders of MIN Curah Jeru Situbondo / Indah Intan Pertiwi

Pertiwi, Indah Intan (2016) Using modified snake and ladder game to improve the vocabulary mastery of the fourth graders of MIN Curah Jeru Situbondo / Indah Intan Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi I I. 2016.MenggunakanPermainanUlarTanggaModifikasiuntukMeningkatkanPenguasaanKosakata Bahasa InggrisSiswaKelas 4 MIN Curah JeruSitubondo. Skripsi JurusanSastraInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. SinthaTresnadewi M.Pd. (2) Dra. SitiNurulMuthmainnah. M.A. Kata kunci siswasekolahdasar ulartangga kosakata. SiswasudahmulaidiperkenalkanuntukbelajarkosakatabahasaInggrissejaksekolahdasar.Bagaimanapunjuga mengajarkankosakatabahasaInggrisuntukpelajarmudatidaklahgampang.Masalahumum yang ditemukanadalahsiswatidakbisauntukmengingatkosakatatersebutdalamingatanjangkapanjangmereka.Penelitianiniditujukanuntukmenuntaskanmasalah yang dihadapiolehsiswakelasempat MIN Curah JeruSitubondo.Berdasarkanstudipendahuluan yang dilaksanakansebelumnya ditemukanbahwahampirseluruhsiswatidakmenguasaikosakatabahasaInggris.Untukmemecahkanmasalahini penelitimengaplikasikanpermainanulartangga.Siswadapatbelajarbanyakhaldaripermainanini tidakhanyauntukprestasiakademiksaja namunjugauntukinteraksisosialmereka. PenelitianinimenggunaanPenelitianTindakanKelas (PTK).Ada empattahapdalammelakukanpenelitianiniyaituperencanaan penerapan observasidanrefleksi.PenelitianiniditujukanuntukmembantusiswauntukmeningkatkanpenguasaankosakatabahasaInggrismereka.Subyekpenelitianiniadalahsiswakelasempat MIN Curah JeruSitubondo di tahunajaran 2015/2016. Ada enam belas siswa terdiridarisepuluhsiswalaki lakidanenamsiswiperempuan. Data diambildariempatinstrumensepertitesvocabulary checklistobservasi catatanlapangandankuisioner.Kriteriakesuksesaandaripenelitianiniadalahsiswaharusmendapatkannilaiminimal sesuaidenganstandarnilaimerekaenam puluh lima. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Berdasarkandarihasilnilaitesakhir penelitianinidikategorikansukses.Hasilmenunjukkanbahwatiga belasdarilima belassiswaberhasilmelewatiskor minimal. Ada tigasiswa yang mendapatkan 100 dan rata-rata nilaimerekajugameningkat.Kemudianpenelitimembandingkannilaipra - tesmerekadannilaitesakhirmerekadenganmenggunakan SPSS.Hasilmenunjukkanbahwanilaisiswa di siklusduameningkatsecarasignifikan. Berdasarkantemuandiatas dapatdisimpulkanbahwapermainanulartanggadapatmembantusiswauntukmeningkatkanpenguasaankosakatabahasaInggrismereka.Sebagaitambahan permainaninimenarikdancocokuntuksiswasekolahdasar.Olehkarenaitu diharapkanbahwapermainanulartanggainidapatdigunakansebagai media alternatifuntukmengajarkankosakataoleh guru danuntuksekolah penelitiberharap agar sekolahdapatmemfasilitasi media menariklainnyauntukmembantu guru selama proses belajardanmengajar. Dan untukpenelitiselanjutnyayang jugatertarikmenerapkan media yang sama disarankanuntukmembuat media inidaribahan yang tidakmudahrusakdanjugauntuklebihmempertimbangkanwaktu yang akandigunakan.Selainitu para penelitiselanjutnyadapatmenggunakanpermainaniniuntukaktifitasberbicara membacadanmenuliskarenapermainaninicocokdiimplementasikanuntukketerampilanberbahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10318

Actions (login required)

View Item View Item