Pertiwi, Indah Intan (2016) Using modified snake and ladder game to improve the vocabulary mastery of the fourth graders of MIN Curah Jeru Situbondo / Indah Intan Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pertiwi I I. 2016.MenggunakanPermainanUlarTanggaModifikasiuntukMeningkatkanPenguasaanKosakata Bahasa InggrisSiswaKelas 4 MIN Curah JeruSitubondo. Skripsi JurusanSastraInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. SinthaTresnadewi M.Pd. (2) Dra. SitiNurulMuthmainnah. M.A. Kata kunci siswasekolahdasar ulartangga kosakata. SiswasudahmulaidiperkenalkanuntukbelajarkosakatabahasaInggrissejaksekolahdasar.Bagaimanapunjuga mengajarkankosakatabahasaInggrisuntukpelajarmudatidaklahgampang.Masalahumum yang ditemukanadalahsiswatidakbisauntukmengingatkosakatatersebutdalamingatanjangkapanjangmereka.Penelitianiniditujukanuntukmenuntaskanmasalah yang dihadapiolehsiswakelasempat MIN Curah JeruSitubondo.Berdasarkanstudipendahuluan yang dilaksanakansebelumnya ditemukanbahwahampirseluruhsiswatidakmenguasaikosakatabahasaInggris.Untukmemecahkanmasalahini penelitimengaplikasikanpermainanulartangga.Siswadapatbelajarbanyakhaldaripermainanini tidakhanyauntukprestasiakademiksaja namunjugauntukinteraksisosialmereka. PenelitianinimenggunaanPenelitianTindakanKelas (PTK).Ada empattahapdalammelakukanpenelitianiniyaituperencanaan penerapan observasidanrefleksi.PenelitianiniditujukanuntukmembantusiswauntukmeningkatkanpenguasaankosakatabahasaInggrismereka.Subyekpenelitianiniadalahsiswakelasempat MIN Curah JeruSitubondo di tahunajaran 2015/2016. Ada enam belas siswa terdiridarisepuluhsiswalaki lakidanenamsiswiperempuan. Data diambildariempatinstrumensepertitesvocabulary checklistobservasi catatanlapangandankuisioner.Kriteriakesuksesaandaripenelitianiniadalahsiswaharusmendapatkannilaiminimal sesuaidenganstandarnilaimerekaenam puluh lima. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus.Berdasarkandarihasilnilaitesakhir penelitianinidikategorikansukses.Hasilmenunjukkanbahwatiga belasdarilima belassiswaberhasilmelewatiskor minimal. Ada tigasiswa yang mendapatkan 100 dan rata-rata nilaimerekajugameningkat.Kemudianpenelitimembandingkannilaipra - tesmerekadannilaitesakhirmerekadenganmenggunakan SPSS.Hasilmenunjukkanbahwanilaisiswa di siklusduameningkatsecarasignifikan. Berdasarkantemuandiatas dapatdisimpulkanbahwapermainanulartanggadapatmembantusiswauntukmeningkatkanpenguasaankosakatabahasaInggrismereka.Sebagaitambahan permainaninimenarikdancocokuntuksiswasekolahdasar.Olehkarenaitu diharapkanbahwapermainanulartanggainidapatdigunakansebagai media alternatifuntukmengajarkankosakataoleh guru danuntuksekolah penelitiberharap agar sekolahdapatmemfasilitasi media menariklainnyauntukmembantu guru selama proses belajardanmengajar. Dan untukpenelitiselanjutnyayang jugatertarikmenerapkan media yang sama disarankanuntukmembuat media inidaribahan yang tidakmudahrusakdanjugauntuklebihmempertimbangkanwaktu yang akandigunakan.Selainitu para penelitiselanjutnyadapatmenggunakanpermainaniniuntukaktifitasberbicara membacadanmenuliskarenapermainaninicocokdiimplementasikanuntukketerampilanberbahasa yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |