Peningkatan kemampuan menulis kalimat melalui media gambar seri siswa kelas II SDN Gandusari 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Anggit Rosadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis kalimat melalui media gambar seri siswa kelas II SDN Gandusari 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Anggit Rosadi

Rosadi, Anggit (2010) Peningkatan kemampuan menulis kalimat melalui media gambar seri siswa kelas II SDN Gandusari 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Anggit Rosadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosadi Anggit. 2010. Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas II SDN Gandusari 02 Kecamatan Gandusarl Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Dra. Sutji Rahayu M.Si. Kata Kunci kemampuan menulis kalimat media gambar seri Berdasarkan studi pendahuluan ada beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis kalimat di SDN Gandusari 02 antara lain (1) pelaksanaan pembelajaran terlalu banyak menggunakan metode ceramah mengulangi apa isi yang ada dalam buku (2) model pembelajaran bersifat satu arah guru yang aktif dan siswa pasif (3) pembelajaran Bahasa Indonesia dirasakan sulit dan membosankan bagi siswa (4) kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah (5) belum tercapainya tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia (6) hasil belajar siswa . Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan penerapan media gambar seri dalam peningkatan pembelajaran menulis kalimat siswa kelas II di SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar (2) mendiskripsikan hasil penerapan media gambar seri dalam pembelajaran menulis kalimat siswa kelas II di SDN Gandusari 02 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi kegiatan siswa tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam penerapan media gambar seri dan menulis kalimat dengan media gambar seri tiap-tiap siklus.Untuk kegiatan siswa pada pra tindakan 77 7% pada siklus I 845% dan pada siklus II 89 7%. Sedangkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis pada pra tindakan persentase kemampuan siswa masih di bawah ketuntasan yang ditetapkan yaitu 74 5%. Pada siklus I kegiatan pembelajaran guru sudah menggunakan media sehingga persentase kemampuan siswa mengalami kenaikan yaitu mencapai 79 5%. Pada siklus II ini kemampuan siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 82 75% melebihi ketuntasan yang ditetapkan 75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pebnerapan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis kalimat. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif menarik dan komunikatif dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di kelas untuk mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103176

Actions (login required)

View Item View Item