Upaya meningkatkan keterampilan menulis melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Soko I Kabupaten Bojonegoro / Juliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keterampilan menulis melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Soko I Kabupaten Bojonegoro / Juliana

Juliana (2010) Upaya meningkatkan keterampilan menulis melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Soko I Kabupaten Bojonegoro / Juliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Juliana. 2010. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Media Gambar Seri Pada siswa Kelas III Di SDN Soko I Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan KSDP S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (II) Dra. Sutansi M.Pd. Kata kunci menulis siswa media gambar seri Hasil pengamatan di SDN Soko I Kabupaten Bojonegoro tentang pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam aspek menulis masih kurang diperhatikan dan belum maksimal siswa terlihat tidak aktif dalam pembelajaran dan hanya mengerjakan soal dan soal. Apabila siswa diminta ke depan kelas dan menulis sesuai dengan media gambar seri sebagian besar siswa cenderung diam dan malu. Untuk mengatasi permasalah tersebut maka dalam pembelajaran di kelas dapat diterapkan pembelajaran dengan media gambar seri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan keterampilan menulis melalui media gambar seri pada siswa Kelas III di SDN Soko I Kabupaten Bojonegoro dan (2) untuk mendeskripsikan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III di SDN Soko I Kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan desain penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK temasuk penelitian kualitatif meskipun data yang di kumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif di mana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Model penelitian ini kolaboratif karena peneliti melaksakan mengidentifikasi masalah analisis masalah merancang tindakan dan merefleksi tindakan bersama guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis siswa kelas III SDN Soko I Kabupaten Bojonegoro yang ditunjukkan dari peningkatan prosentase ketuntasan keterampilan menulis siswa pada setiap siklus. Pada tahap pratindakan prosentase keterampilan menulis dijadikan dasar bagi siklus I yaitu 25% menjadi 65 % (belum tuntas). Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 65% menjadi 100% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media gambar seri dalam keterampilan menulis dengan aspek mengungkapkan gagasan mengembangkan paragraf dan penggunaan EYD dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SDN Soko I Kabupaten Bojonegoro. Bertolak dari hasil penelitian dalam pembelajaran menulis seyogyanya menggunakan berbagai media antara lain media gambar seri. Dengan media gambar seri ternyata kemampuan menulis siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103174

Actions (login required)

View Item View Item