Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi pembelajaran inkuiri bagi siswa kelas IV SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Nopita Rupiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi pembelajaran inkuiri bagi siswa kelas IV SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Nopita Rupiani

Rupiani, Nopita (2010) Peningkatan hasil belajar IPS melalui strategi pembelajaran inkuiri bagi siswa kelas IV SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Nopita Rupiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemilihan strategi sangat penting dalam pembelajaran. Selama ini guru kurang memahami penentuan strategi pembelajaran sehingga pembelajaran masih bersifat konvensional. Hal itu terjadi pada mata pelajaran IPS yang terbukti dari rata-rata nilai Ulangan Akhir Semester 1 siswa kelas IV SDN Plumbangan 03 adalah 50. Nilai tersebut rendah jika dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah 1)Mendeskripsikan penerapan strategi inkuiri dalam pembelajaran IPS 2)Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dan 3)Mendeskripsikan faktor penghambat penerapan strategi inkuiri dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas IV SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian terdiri dari tiga siklus. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi tes dan pedoman wawancara. Data direkam dengan instrumen tersebut. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari pratindakan sampai siklus III diketahui persentase peningkatan aktivitas siswa peningkatan pembelajaran dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IV SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 2 78% pada siklus I kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 16 11% dan pada siklus III mengalalami peningkatan lagi sebesar 18 89%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mengalami penurunan 6 00% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 25 00% dan pada siklus III mengalami peningkatan lagi 15 62%. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami penurunan sebesar 7 75% pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 12 00% dan pada siklus III terjadi peningkatan 12 75%. Hambatan-hambatan dalam penerapan strategi inkuiri adalah penggunaan media dan penilaian yang kurang optimal. Hambatan tersebut dapat diatasi pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi inkuiri dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS di SD dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan guru dan siswa menerapkan strategi inkuiri yang inovatif dalam pembelajaran IPS sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SD serta meningkatkan cara berpikir kritis dan kreatif pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103173

Actions (login required)

View Item View Item