Peningkatkan hasil belajar konsep perkalian melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas III SDN Kepanjenlor 3 Kecamatan Kepanjenkidul kota Blitar / Eny Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatkan hasil belajar konsep perkalian melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas III SDN Kepanjenlor 3 Kecamatan Kepanjenkidul kota Blitar / Eny Fajarwati

Fajarwati, Eny (2010) Peningkatkan hasil belajar konsep perkalian melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas III SDN Kepanjenlor 3 Kecamatan Kepanjenkidul kota Blitar / Eny Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajarwati Eny. 2010.Peningkatan Hasil Belajar Konsep Perkalian Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III SDN Kepanjenlor 3 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Zainudin M. Pd (2) Drs. Sunyoto S. Pd M.Si Kata Kunci Hasil Belajar Konsep Perkalian CTL Berdasarkan data yang diperoleh peneliti pada pembelajaran materi perkalian pemahaman siswa terhadap konsep perkalian sangat kurang. Siswa mengerjakan soal konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang dengan cara terbalik. Berdasarkan rekapitulasi pada akhir pembelajaran konsep perkalian (pembelajaran pratindakan) nilai rata-rata dari 23 siswa hanya 46 96 dan ketuntasan klasikal hanya 26%. Padahal KKM yang ditetapkan untuk pelajaran matematika di SD tersebut adalah 70. Pada pembelajaran tersebut guru hanya menggunakan metode ceramah dan kegiatan siswa ketika pembelajaran adalah mendengarkan kemudian mengerjakan soal-soal yang terdapat pada LKS. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi konsep perkalian perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL pada materi konsep perkalian siswa kelas III SDN Kepanjenlor 3 Kota Blitar (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui penerapan pendekatan CTL dan (3) mendeskripsikan hasil belajar konsep perkalian melalui penerapan pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan tahap siklus. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas III SDN Kepanjenlor 3 kecamatan Kepanjenkidul kota Blitar. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai pelaksana (pengajar) dan dibantu oleh mitra peneliti yang bertugas mengamati/mengobservasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar konsep perkalian siswa kelas III SDN Kepanjenlor 3 kota Blitar melalui penerapan pendekatan CTL dapat meningkat. Nilai rata-rata siswa pada pratindakan adalah 46 96 pada siklus I adalah 66 30 dan pada siklus II adalah 77 39. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada pratindakan adalah 26% pada siklus I adalah 65 22% dan pada siklus II adalah 82 61%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran konsep perkalian dengan penerapan pendekatan CTL pada siswa kelas III SDN Kepanjenlor 3 kota Blitar telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa pada pembelajaran matematika hendaknya guru menerapkan pendekatan CTL dan menggunakan media benda-benda di sekitar agar pembelajaran yang dilaksanakan melibatkan aktivitas siswa secara penuh baik fisik maupun mental. Sehingga proses pembelajaran di dalam kelas bisa optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103172

Actions (login required)

View Item View Item