Penggunaan benda asli dan multimedia untuk meningkatkan penguasaan konsep pecahan di kelas III SDN Kebonagung 06 Malang / Rafiud Nur Annisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan benda asli dan multimedia untuk meningkatkan penguasaan konsep pecahan di kelas III SDN Kebonagung 06 Malang / Rafiud Nur Annisa

Annisa, Rafiud Nur (2010) Penggunaan benda asli dan multimedia untuk meningkatkan penguasaan konsep pecahan di kelas III SDN Kebonagung 06 Malang / Rafiud Nur Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Annisa Rafiud Nur. 2010. Penggunaan Benda Asli dan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pecahan di Kelas III SDN Kebonagung 06 Malang . Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Sarjana. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (2) Drs. Syaiful Imam M.Pd Kata kunci Benda Asli Multimedia Penguasaan Konsep Pecahan. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonagung 06 Malang. Masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi Pecahan dan kurangnya guru dalam menggunakan media pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Pada tahap observasi awal rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan yaitu 65. Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan pembelajaran Matematika khususnya pada materi pokok pecahan dengan menggunakan benda asli dan multimedia melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penggunaan benda asli dan multimedia untuk meningkatkan penguasaan konsep pecahan di kelas III SDN Kebonagung 06 Malang (2) peningkatan penguasaan konsep pecahan dengan menggunakan benda asli (3) peningkatan penguasaan konsep pecahan dengan menggunakan multimedia (4) iklim belajar siswa kelas III SDN Kebonagung 06 Malang selama pembelajaran dengan menggunakan benda asli dan multimedia. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini meliputi 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kebonagung 06 Malang sebanyak 36 siswa. Materi yang menjadi fokus penelitian adalah Pecahan. Instrumen yang digunakan meliputi observasi dokumentasi wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan benda asli dan multimedia dapat meningkatkan penguasaan konsep pecahan. Hal ini terbukti pada rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari 57 55 pada tahap pra tindakan menjadi 75 89 pada siklus-1 dan sebesar 77 22 pada siklus-2. Iklim belajar selama menggunakan benda asli dan multimedia sangat mengaktifkan siswa memberikan semangat dan siswa menjadi senang serta sangat antusias dalam belajar. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar yaitu guru seharusnya dapat menggunakan media benda asli dan multimedia atau memanfaatkan jenis media pembelajaran lain pada pembelajaran Matematika atau pada mata pelajaran lain. Selain itu penggunaan media benda asli dan multimedia dalam penelitian ini dapat digunakan pada penelitian-penelitian lain sebagai bahan bandingan sehingga diharapkan penelitian selanjutnya akan lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103171

Actions (login required)

View Item View Item