Khansa, Maharani (2016) A summative teacher-made test of English conducted in the 2nd semester of grade 8 in SMPN 9 Malang academic year of 2014/2015 / Maharani Khansa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khansa Maharani. 2016. A SummativeTeacher-made Test of English Conducted in the 2nd Semester of Grade 8 in SMPN 9 Malang Academic Year of 2014/2015. Thesis English Language Teaching Program English Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisor I Dr. Sintha Tresnadewi M.Pd. Advisor II Prof. H. Ali Saukah M.A. Ph.D. Keywords Teacher-made test final English test item analysis Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas tes yang dibuat oleh guru pada Ujian Akhir Semester Bahasa Inggris Semester 2 Kelas 8 di SMPN 9 Malang Tahun Ajaran 2014/2015. Aturan-aturan dan prinsip yang digunakan untuk mengevaluasi tes pada penelitian ini adalah berdasarkan kriteria tes yang baik yang harus dicapai oleh sebuah tes agar menjadi sebuah alat ukur yang baik dalam menilai kemampuan siswa. Syarat-syarat untuk mengevaluasi sebuah tes yang akan menjadi fokus dalam penelitian ini adalah reliabilitas validitas muka validitas isi tingkat kesukaran daya pembeda keefektifan pengecoh dan konstruksi soal maupun alternatif jawaban. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif evaluatif. Metode kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk mengevaluasi kualitas tes dalam penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari dokumen sekolah. Data yang digunakan adalah kisi-kisi soal yang dibuat oleh guru lembar jawab siswa dan naskah soal. Semua data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dokumen pribadi SMPN 9 Malang. Data yang diperoleh kemudian dihitung menggunakan programMicrosoft Excel. Berdasarkan hasil analisis soal Ujian Akhir Semester Bahasa Inggris Semester 2 Kelas 8 di SMPN 9 Malang Tahun Ajaran 2014/2015 memiliki reliabilitas yang cukup diterima. Koefisien reliabilitas tes yang diperoleh adalah .72 yang mana itu dapat diterima untuk tes tingkat kelas. Kedua validitas muka dari tes tidak cukup bagus karena tidak dapat mencerminkan soal Ujian Akhir Bahasa Inggris yang sebenarnya. Ketiga validitas isi dari tes baik karena mencakup 68% dari materi yang tertera dalam kurikulum . Keempat tingkat kesukaran dari tes tergolong rendah. Kelima hanya sebanyak 36% butir soal yang dapat diterima di dalam tes menurut indeks daya beda. Kebanyakan dari butir soal tidak dapat membedakan murid dari golongan atas dan murid dari golongan bawah . Keenam hanya 28% dari keseluruhan soal yang semua pengecohnya berfungsi dengan baik. Ketujuh konstruksi soal dan alternatif jawaban tidak begitu baik karena hanya terdapat 685checksdari total 850checksyang harus dipenuhi dalam mengevaluasi konstruksi butir soal. Terakhir setelah merangkum hasil dari analisis butir soal terdapat 17 butir soal yang harus dibuang karena butir-butir soal tersebut tidak memenuhi kriteria dan prinsip-prinsip butir soal yang baik. Untuk merangkum secara keseluruhan tes yang dibuat oleh guru pada Ujian Akhir Semester Bahasa Inggris Semester 2 Kelas 8 di SMPN 9 Malang Tahun Ajaran 2014/2015 memiliki reliabilitas dan validitas isi yang bagus namun tidak dapat menunjukkan hasil yang memuaskan dalam validitas muka dan hasil dari analisis butir soal. Mengetahui hasil dari analisis kualitas tes sangat penting bagi guru sebagai pembuat tes untuk mengetahui cara mengevaluasi dan menganalisis tes. Tes yang dibuat oleh guru seharusnya dianalisis dan dievaluasi lebih dulu untuk memberikan hasil yang valid dalam mengukur kemampuan siswa. Jadi kemampuan siswa yang sebenarnya dapat terukur dan terpaparkan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |