Peningkatan belajar membaca dan menulis melalui pembelajaran kooperatif terpadu siswa kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar / Dwi Nurhandoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan belajar membaca dan menulis melalui pembelajaran kooperatif terpadu siswa kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar / Dwi Nurhandoko

Nurhandoko, Dwi (2010) Peningkatan belajar membaca dan menulis melalui pembelajaran kooperatif terpadu siswa kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar / Dwi Nurhandoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhandoko Dwi. 2010. Peningkatan Belajar Membaca dan Menulis Melalui Pembelajaran Kooperatif Terpadu Siswa Kelas IV SDN Kotes 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Nuryati M. Pd. (II) Dr. H. Alif Mudiono M. Pd. Kata Kunci kooperatif terpadu membaca menulis Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan membaca ditekankan pada aspek pemahaman makna kata kesesuaian isi dan tata bahasa. Untuk kemampuan menulis ditekankan pada aspek koherensi antar kalimat penulisan ejaan dan pemilihan kata. Serta mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif terpadu pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Kotes 01. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pembelajaran kooperatif terpadu dapat meningkatkan kemampuan menulis dan membaca. Hasil kemampuan membaca pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 62% dan pada siklus II naik menjadi 93%. Sedangkan kemampuan menulis pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 54% dan pada siklus II naik menjadi 89%. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif terpadu dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif terpadu untuk mengatasi kesulitan belajar siswa khususnya pada aspek membaca dan menulis. Sedangkan untuk peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan menerapkannya pada ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103169

Actions (login required)

View Item View Item