Peningkatan hasil belajar soal cerita matematika dengan menggunakan metode simulasi IV SDN Tambakrejo 01 Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar / Dwi Masamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar soal cerita matematika dengan menggunakan metode simulasi IV SDN Tambakrejo 01 Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar / Dwi Masamah

Masamah, Dwi (2010) Peningkatan hasil belajar soal cerita matematika dengan menggunakan metode simulasi IV SDN Tambakrejo 01 Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar / Dwi Masamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masamah Dwi. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Matematika Dengan Menggunakan Metode Simulasi Kelas IV SDN Tambakrejo 01 Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S-I Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Hanafi M.M (II) Dr.H. Zainudin M.Pd Kata kunci hasil belajar soal cerita matematika metode simulasi. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep yang benar terhadap matematika sangat diperlukan. Dalam soal cerita matematika memerlukan pemahaman konsep yang benar agar mudah dalam mengerjakannya. Dalam menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SDN Tambakrejo 01 mengalami kesulitan sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Karena itulah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk mencapai ketuntasan siswa dalam belajar sesuai dengan KKM yang ditetapkan dalam KTSP SDN Tambakrejo 01. Tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan metode simulasi. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian dilakukan menurut tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan pemahaman soal cerita matematika siswa kelas IV SDN Tambakrejo 01. Dengan menggunakan metode simulasi ini siswa dapat belajar menyerupai keadaan yang sebenarnya sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diajarkan. Selain itu juga sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang pernah dialami siswa. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 41% menjadi 63% pada siklus I sehingga terjadi peningkatan sebesar 22%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 92% hal ini menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 29%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode simulasi dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita matematika. Maka disarankan menggunakan metode simulasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar soal cerita matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103165

Actions (login required)

View Item View Item