The effectiveness of giving direct and indirect corrective feedback on eight graders' recount compositions / Najwa Kumala Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of giving direct and indirect corrective feedback on eight graders' recount compositions / Najwa Kumala Sari

Sari, Najwa Kumala (2016) The effectiveness of giving direct and indirect corrective feedback on eight graders' recount compositions / Najwa Kumala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Najwa Kumala. 2016. Pengaruh Direct Corrective Feedback dan Indirect Corrective Feedback pada Tulisan Recount Siswa kelas Delapan. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. Kata Kunci Menulis Direct Corrective Feedback Indirect Corrective Feedback teks recount Menulis penting untuk dikuasai oleh siswa. Namun meskipun penting menulis tidak mudah dikuasai. Siswa akan menemukan banyak kesulitan ketika menulis sehingga ada kemungkinan bagi mereka untuk membuat kesalahan. Hal ini memunculkan ide bahwa corrective feedback sebagai bagian dari proses menulis. Ada dua jenis corrective feedback direct corrective feedback dan indirect corrective feedback. Dalam direct corrective feedback guru memberikan tulisan yang benar sedangkan dalam indirect corrective feedback guru menunjukkan bahwa ada kesalahan tetapi tidak memberikan tulisan yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki signifikansi perbedaan antara direct corrective feedback dan indirect corrective feedback pada tulisan recount siswa kelas delapan. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuasi-eksperimental. Sampel penelitian ini dipilih oleh sekolah. Sampel yang dipilih adalah 20 siswa kelas VIII A dan kelas VIII B dari MTs Plus Al-Hadi. Ada dua kelompok siswa yang diberi perlakuan berbeda. Satu kelompok diberikan direct corrective feedback sementara kelompok lain diberikan indirect corrective feedback sebagai perlakuan. Dua kelompok diberikan tes awal perlakuan dan tes akhir. Data dikumpulkan melalui tes awal dan test akhir. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dalam bentuk nilai menulis siswa. Hasil dari tes akhir dua kelompok dibandingkan menggunakan statistik untuk menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis data menggunakan Independent Sample T-test ditemukan bahwa direct corrective feedback dapat memberikan efek yang lebih signifikan dari indirect corrective feedback pada tulisan recount siswa. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberi direct corrective feedback dapat lebih berprestasi dalam menulis teks recount. Berdasarkan hasil penelitian para peneliti di masa depan disarankan untuk menyertakan data preferensi siswa tentang corrective feedback pada tulisan mereka. Selain itu peneliti masa depan disarankan untuk menyelidiki lebih lanjut efektivitas direct corrective feedback dan indirect corrective feedback dalam konteks yang berbeda dan dengan jenis teks yang berbeda. Untuk guru bahasa Inggris mereka diharapkan dapat memilih metode yang paling tepat dalam memberikan corrective feedback untuk tulisan siswa terutama dalam menulis teks recount.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10316

Actions (login required)

View Item View Item