Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode permainan di kelas II SDN Perning I Kabupaten Nganjuk / Sudyanti Mei Purwaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode permainan di kelas II SDN Perning I Kabupaten Nganjuk / Sudyanti Mei Purwaningtyas

Purwaningtyas, Sudyanti Mei (2010) Peningkatan kemampuan berbicara melalui metode permainan di kelas II SDN Perning I Kabupaten Nganjuk / Sudyanti Mei Purwaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwaningtyas Sudyanti Mei. 2010. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Permainan di Kelas II SDN Perning I Kabupaten Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan KSDP S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Sri Nuryati M.Pd Kata kunci Kemampuan berbicara Kelancaran berbicara Metode permainan Berdasakan studi aspek berbicara diperoleh permasalahan sebagai berikut (1) hasil belajar siswa dalam keruntutan berbicara hanya 27% siswa yang tuntas dalam belajar (2) hasil belajar siswa dalam kelancaran berbicara hanya 32% yang tuntas dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam hal keruntutan dan kelancaran berbicara. Selain itu perlu adanya inovasi untuk meningkatkan pembelajran dengan menggunakan suatu metode dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode permainan yaitu teknik mengajar yang dilaksanakan dengan cara bermain demi diperolehnya kesenangan dan pengetahuan yang didapatnya melalui permainan tersebut. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah guru kelas II dan siswa kelas II SDN Perning I yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan wawancara teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Deskritif kualitatif menggunakan sistem penilaian acuan patokan dan dilakukan terhadap hasil belajar keseluruhan. Penelititan dilaksanakan selama dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksaaan tindakan pengamatan dan refleksi. Dengan pembelajaran menggunakan metode permainan diperoleh hasil belajar yang semakin meningkat. Pada pembelajaran siklus I hasil belajar mengalami peningkatan hasil penilaian kelancaran berbicara individual secara klasikal mencapai tingkat ketuntasan 68% dan ketuntasan kelompok 60% kemudian pada siklus ke II dalam kelancaran berbicara mencapai ketuntasan minimal dengan tingkat ketuntasan individual sebesar 91% dan ketuntasan kelompok mencapai 80%. Sementara pada keruntutan berbicara ketuntasan individu mencapai 55% dan ketuntasan kelompok sebesar 60% pada siklus I dan meningkat pada siklus II mencapai ketuntasan 86 % dan ketuntasan kelompok menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode permainan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam hal kelancaran berbicara dan keruntutan berbicara. Dengan hasil yang diperoleh dalam menggunakan metode permainan semakin baik maka diharapkan metode ini dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran yang lainnya agar pembelajaran mencapai hasil optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103159

Actions (login required)

View Item View Item