Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri / Rahadian Sofianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri / Rahadian Sofianto

Sofianto, Rahadian (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri / Rahadian Sofianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sofianto Rahadian. 2010. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. M Zainudin M.Pd (2) Dra. Lilik Bintartik M.Pd Kata Kunci Volume Kubus dan Balok Pembelajaran Kontekstual Proses kegiatan pembelajaran yang diterapkan di SDN Selodono masih menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari pembelajaran yang berpusat pada guru siswa cenderung pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. keadaan ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat kurangnya minat belajar. Minat belajar siswa akan tumbuh dan terpelihara apabila kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara bervariasi baik dalam hal model maupun media pembelajaran yang digunakan . Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang sering digunakan di dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menghitung volume kubus dan balok melalui pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V sekolah dasar. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan untuk membantu guru matematika di sekolah dasar yaitu pada materi menghitung volume kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2009/ 2010. Rancangan penelitian yaitu dilakukan melalui tahap siklus. Di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tahap siklus terlebih dahulu dilakukan studi pendahuluan yaitu observasi kegiatan proses belajar-mengajar matematika di kelas sebagai awal identifikasi masalah. Analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Data yang terkumpul dipilah menjadi 2 kelompok data yaitu keterlaksanaan pembelajaran kontekstual dan hasil belajar siswa Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut. Pada siklus I perolehan poin keterlaksanaan pembelajaran kontekstual sebanyak 17 poin kemudian pada siklus II meningkat menjadi 20 dan pada siklus III tercapai poin maksimal sebesar 21. nilai rata-rata ketuntasan individu aktivitas siswa pada siklus I 68 3. Pada siklus II 72 5 dan pada siklus III meningkat menjadi 79 7. Hasil belajar siswa dari rata-rata perolehan pada pre test 46 9 menjadi 63 8 pada siklus I. Perolehan pada siklus II 74 6 dan pada siklus III meningkat menjadi 83 8. Berdasarkan penelitian tersebut pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103154

Actions (login required)

View Item View Item