Upaya peningkatan hasil belajar IPS melalui media peta di kelas IV SDN Dawuhan 1 Kecamatan Jarikalen Kabupaten Nganjuk / Yulaikah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan hasil belajar IPS melalui media peta di kelas IV SDN Dawuhan 1 Kecamatan Jarikalen Kabupaten Nganjuk / Yulaikah

Yulaikah (2010) Upaya peningkatan hasil belajar IPS melalui media peta di kelas IV SDN Dawuhan 1 Kecamatan Jarikalen Kabupaten Nganjuk / Yulaikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulaikah . 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Peta Di Kelas IV SDN Dawuhan 1 Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan KSDP S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd (II) Suwarti S.Pd.M.Pd Kata kunci penggunaan media peta hasil belajar siswa ips sekolah dasar Media pengajaran sangat diperlukan agar pembelajaran IPS tidak monoton tidak membosankan. Peta merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah siswa memahami materi pembelajaran IPS. Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS di SDN Dawuhan1 Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk diketahui adanya permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan yang akan diungkap dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN Dawuhan 1 kecamatan Jatikalen kabupaten Nganjuk tidak mempergunakan media peta dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan media peta dalam pembelajaran IPS materi sumber daya alam kelas IV di SDN Dawuhan 1Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan media peta dan peningkatan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan media peta di kelas IV SDN Dawuhan 1 Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan pengamatan selama 6 bulan pada semester gasal 2009/2010. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Dawuhan 1 Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi dan tes selama proses belajar mengajar berlangsung. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus yang telah dilakukan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS dengan menggunakan media peta. Hal ini dapat terlihat dengan adanya peningkatan hasil belajar yang lebih baik dari nilai hasil pembelajaran yang diperoleh sebelum menggunakan media peta/pra tindakan adalah 60 dan pada siklus I dengan menggunakan media peta mencapai nilai rata-rata 71 3. Pada siklus II meningkat menjadi 79 3. Jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar juga meningkat dengan pelaksanaan penggunaan media peta ini hal ini terbukti adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas ada 66 7% pada siklus II adalah 85 7% dan sudah diatas kriteria ketuntasan yaitu 85% untuk klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media peta tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Dawuhan 1 Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk pada mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti bahwa setiap pembelajaran yang dilakukan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang baik. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru dapat menerapkan media peta pada materi sumber daya alam dalam mata pelajaran IPS pada khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103150

Actions (login required)

View Item View Item