Implementing STAD technique to improve 7th grade students' ability in writing descriptive text at SMP Negeri 13 Malang / Fikri Atmi Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing STAD technique to improve 7th grade students' ability in writing descriptive text at SMP Negeri 13 Malang / Fikri Atmi Saputri

Saputri, Fikri Atmi (2016) Implementing STAD technique to improve 7th grade students' ability in writing descriptive text at SMP Negeri 13 Malang / Fikri Atmi Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputri Fikri Atmi. 2016. Menerapkan Teknik STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Dekriptif Siswa Kelas 7 di SMP Negeri 13 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H.M. Adnan Latief M.A. Ph.D. (II) Dra. Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata Kunci menulis teks deskriptif teknik STAD Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan di kelas VII SMPN 13 Malang peneliti menemukan bahwa 31 siswa (91.17%) dari jumlah siswa memiliki kemampuan menulis yang masih rendah. Hal ini terjadi karena berbagai macam hal. Pertama tidak adanya penjelasan rinci tentang bagaimana menulis teks deskriptif. Kedua siswa kesulitan untuk mengungkapkan apa yang harus mereka tuliskan. Di samping itu kelas VII-E termasuk kedalam kelas yang heterogen dimana tingkat kemampuan menulis yang sangat berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini guru harus mulai berfikir untuk menggunakan strategi tertentu untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Berdasarkan permasalahan yang telah diungkapkan di atas penelitian ini difokuskan untuk menyelasaikan permasalahan terkait tentang bagaimana siswa mengembangkan and mengorganisasi tulisan mereka untuk menulis dengan topik tertentu dan mengembangkan kemampuan menulis mereka. Penelitin ini menawarkan teknik STAD untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif siswa kelas tujuh. Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimana penggunaaan teknik STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif kelas 7 di SMP Negeri 13 Malang . Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif kelas 7 di SMP Negeri 13. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sendiri terdiri dari empat langkah perencanaan pelaksaaan observasi dan refleksi. Dalam melaksanakan penelitian ini guru Bahasa Inggris membantu peneliti dengan menjadi pengamat selama pelaksanaan penelitian. Baik peneliti maupun guru Bahasa Inggris berkolaborasi dalam aktivitas setiap siklus. Siklus 1 terdiri dari 4 kali pertemuan sedangkan Siklus 2 terdiri dari 3 kali pertemuan. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII-E SMPN 13 Malang. Terdapat 34 siswa yang menjadi bagian dari penelitian ini. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara observasi catatan lapangan kuesioner dan skor menulis siswa. Prosedur pelaksanaan penelitian ini mencakup lima komponen dari teknik STAD yaitu Pertama peneliti menjelaskan tentang teks deskripitf dan memperkenalkan teknik STAD. Kedua membagi siswa kedalam beberapa tim berdasarkan skor awal mereka. Para siswa melakukan diskusi didalam kelompok mereka masing-masing dan diminta untuk mengerjakan lembar kerja. Terdapat dua macam lembar kerja yang harus diselesaikan yaitu lembar kerja kelompok dan lembar kerja individu. Ketiga peneliti melaksanakan tes individu untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi. Keempat peneliti melaksanakan penghargaan individu. Disini siswa ditunjukan peningkatan skor mereka dan tiga siswa yang mendapatkan skor paling tinggi mendapatkan sebuah hadiah dari peneliti. Terakhir peneliti melakukan penghargaan kelompok. Dimana tiga kelompok yang mendapatkan skor tertinggi mendapatkan sebuah hadiah dari peneliti. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa teknik STAD berhasil meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam menulis teks deskriptif. Kemampuan siswa telah memenuhi kriteria kesuksesan yang sebelumnya telah ditentukan untuk masing-masing kelompok kelompok bawah sedang dan tinggi. Semua siswa (100%) di masing-masing kelompok berhasil dalam mencapai skor yang telah ditargetkan. Lebih lanjut partisipasi siswa terhadap penerapan teknik STAD juga bagus. Mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan di kelas dan juga memberikan respon yang positif terhadap teknik ini. Akhirnya saran juga diberikan kepada guru dan peneliti yang lain. Disarankan untuk guru Bahasa Inggris untuk menerapkan teknik STAD. Dikarenakan penelitian ini menawarkan alternatif media untuk para guru yang ingin membuat suasana yang lebih menyenangkan untuk belajar. Untuk peneliti yang lain yang ingin melaksanakan penelitian yang sama di anjurkan untuk menggunakan teknik ini dengan tingkat pendidikan yang berbeda dan menggunakan jenis teks yang lain seperti narrative recount procedure dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item View Item