Penggunaan media kartu huruf dan kartu kata melalui permainan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang / Nur Farikatul Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kartu huruf dan kartu kata melalui permainan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang / Nur Farikatul Fitriyah

Fitriyah, Nur Farikatul (2010) Penggunaan media kartu huruf dan kartu kata melalui permainan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang / Nur Farikatul Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriyah Nur Farikatul. 2010. Penggunaan Media Kartu Huruf dan Kartu Kata melalui Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang. Skripsi Jurusan KSDP Program Studi SI PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Musa Sukardi M.Pd (2) Drs. H. M. Thoha A.R S.Pd M.Pd. Kata kunci media kartu huruf kartu kata permainan membaca permulaan Saat ini membaca adalah syarat penting untuk bisa memahami dan mengikuti perkembangan pengetahuan yang ada di dunia. Pada pembelajaran di sekolah dasar (SD) membaca adalah kunci untuk keberhasilan pada kelas berikutnya. Jika tidak bisa membaca maka siswa akan mengalami kesulitan untuk memahami materi-materi yang lain. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SDN Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran membaca permulaan antara lain (1) guru menggunakan satu metode yaitu ceramah (2) tidak ada media pembelajaran (3) tidak ada aktivitas siswa siswa pasif mendengarkan ceramah dari guru. Masalah masalah yang ditemukan pada waktu observasi mengidentifikasikan bahwa tidak ada media pembelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca permulaan dan tidak ada keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Persoalan di atas menginspirasikan perlunya dilakukan penelitian penggunaan media kartu huruf dan kartu kata melalui permainan pada siswa kelas I SDN Sudimoro 01. Perlu diadakan penelitian tentang Penggunaan Media Kartu Huruf dan Kartu Kata melalui Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Sudimoro 01. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diawali dengan pretes. PTK yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (Action) (3) Pengamatan (Observing) (4) Refleksi (Reflecting). Jika ada siswa yang belum tuntas pada siklus awal akan diberikan tindakan pada siklus berikutnya sampai pembelajaran berhasil dan tuntas mencapai 80% atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 70 91 dan pada siklus II meningkat menjadi 83 91. Selain itu ketuntasan belajar pada siklus I masih 68 18% dan meningkat menjadi 95 5% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) Penerapan media kartu huruf dan kartu kata melalui permainan dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas I SDN Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang meningkatkan aktivitas dan semangat belajar siswa. (2) Dampak setelah penerapan media kartu huruf dan kartu kata melalui permainan dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas I SDN Sudimoro 01 Kecamatan Bululawang adalah peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Pada kegiatan pra tindakan rata-rata hsil belajar siswa 70 45 siklus I mengalami peningkatan menjadi 70 91 dan pada siklus II meningkat menjadi 83 91. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 68 18% meningkat menjadi 95 5% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan yang baik maka disarankan kepada (1) Guru kelas I hendaknya menggunakan media kartu huruf dan kartu kata sebagai alternatif media dalam pembelajaran membaca permulaan dan menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran misalnya permainan (2) Sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang baik dalam pemenuhan media pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dan siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal (3) Siswa hendaknya lebih sering berlatih membaca di mana saja dan kapan saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103149

Actions (login required)

View Item View Item