Upaya meningkatkan pemahaman konsep faktorisasi prima melalui pembelajaran think-pair-share pada siswa kelas V MI Annidhomiyah Pasuruan / Siti Fauziyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pemahaman konsep faktorisasi prima melalui pembelajaran think-pair-share pada siswa kelas V MI Annidhomiyah Pasuruan / Siti Fauziyah

Fauziyah, Siti (2010) Upaya meningkatkan pemahaman konsep faktorisasi prima melalui pembelajaran think-pair-share pada siswa kelas V MI Annidhomiyah Pasuruan / Siti Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziyah S. 2009. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Faktorisasi Prima Melalui Pembelajaran Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas V MI Annidhomiyah Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universiyas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto S. Pd M.Pd (II) Dra. Sri Harmini S. Pd M. Pd. Kata kunci meningkatkan faktorisasi prima MI Think-Pair-Share Pembelajaran matematika dalam pemahaman konsep faktorisasi prima di kelas V mengalami kesulitan. Kesulitan ini disebabkan oleh teknik pembelajaran guru yang kurang tepat. Dengan menggunakan Pembelajaran Think-Pair-Share peneliti berusaha meningkatkan pemahaman konsep faktorisasi prima siswa kelas V MI Annidhomiyah Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Think-Pair-Share untuk meningkatkan pemahaman konsep faktorisasi prima siswa kelas V MI Annidhomiyah Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan PTK yang dilakukan selama Lima bulan yaitu mulai Agustus sampai akhir Desember 2009. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Annidhomiyah Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan yang terdiri atas 32 siswa. Diharapkan dengan Pembelajaran Think-Pair-Share yang diterapkan dalam penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman konsep faktorisasi prima siswa kelas V MI Annidhomiyah Pasuruan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis dan Tanggart yang terdiri empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1) Hasil observasi siswa pada . kelas V MI Annidhomiyah yang ditandai dengan adanya peningkatan keaktifan Pada siklus I terdapat peningkatan antara 4 % hingga 39 % pada setiap komponen. Pada komponen aktivitas bertanya terjadi peningkatan sebesar 32 9 % aktivitas menjawab meningkat menjadi 39 3 % aktivitas berdiskusi meningkat menjadi 7 8 % aktivitas mengemukakan ide meningkat menjadi 4 7 % dan aktivitas melaporkan hasil diskusi menjadi 4 7 %. Maka rata-rata peningkatan seluruh komponen aktivitas siswa mulai siklus I dan siklus II adalah 17 88 %. Hasil belajar siswa pada siklus I rata - rata 60 % pada siklus II 70 8 % dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Think-Pair-Share untuk memahami konsep faktorisasi prima mengalami peningkatan . Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan. Bahwa pemahaman konsep faktorisasi prima melalui pembelajaran Think-Pair-Share dapat di terapkan dengan baik Disarankan kepada guru agar menggunakan pembelajaran Think-Pair-Share merupakan salah satu pembalajaran mengatasi permasalaan yang terjadi di MI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103147

Actions (login required)

View Item View Item