Penggunaan media wayang kancil untuk meningkatkan pemahaman terhadap isi dongeng dalam mata pelajaran bahasa jawa kelas II SDN Kedawung II Blitar / Tyadita Fitria Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media wayang kancil untuk meningkatkan pemahaman terhadap isi dongeng dalam mata pelajaran bahasa jawa kelas II SDN Kedawung II Blitar / Tyadita Fitria Wardani

Wardani, Tyadita Fitria (2010) Penggunaan media wayang kancil untuk meningkatkan pemahaman terhadap isi dongeng dalam mata pelajaran bahasa jawa kelas II SDN Kedawung II Blitar / Tyadita Fitria Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Tyadita Fitria. 2010. Penggunaan Media Wayang Kancil untuk Meningkatkan Pemahaman terhadap Isi Dongeng dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas II SDN Kedawung II Blitar. Skripsi Program S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Musa Sukardi M.Pd (2) Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy S.Pd M.Pd Kata kunci media wayang kancil dongeng hasil belajar. Guru memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Berangkat dari fakta yang diperoleh peneliti dalam masa observasi di SDN Kedawung II Blitar khususnya siswa kelas II pembelajaran mendengarkan dongeng masih disampaikan dengan metode ceramah. Selain metode yang di pakai guru masih monoton siswa juga kurang tertarik dan berminat terhadap pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media wayang kancil dalam meningkatkan pemahaman mendongeng siswa. Selain itu juga untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN Kedawung II Blitar yang dihasilkan setelah menggunakan media wayang kancil. Untuk mencapai tujuan di atas penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan 2 siklus pembelajaran. Selain itu penelitian ini juga merupakan kolaborasi antara guru kelas II dengan peneliti. Setiap siklus pembelajaran melalui tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Siklus II merupakan pembelajaran perbaikan dari siklus I. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan media wayang kancil dalam mata pelajaran bahasa Jawa di kelas II SDN Kedawung II Blitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal itu terbukti dari nilai rata-rata siswa semakin meningkat di setiap siklus. Rata-rata nilai siswa pada saat pratindakan yaitu sebesar 61 15 meningkat menjadi 73 92 pada saat siklus I. Pada saat pembelajaran siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 15 72 nilai sehingga rata-rata siswa menjadi 89 64. Rata-rata yang diperoleh siswa di siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dan kriteria ketuntasan klasikal sesuai yang diharapkan. Disarankan kepada para guru untuk dapat berperan aktif sebagai inovator dan fasilitator dalam memilih media yang akan digunakan. Selain itu kepala sekolah dasar juga hendaknya memberikan motivasi kepada guru dalam pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif sehingga dapat menarik perhatian siswa. Kepada penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti dengan lebih baik dan dalam mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103146

Actions (login required)

View Item View Item