Peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulis melalui strategi think-write pada kelas V SDN Pakunden II, Kota Blitar / Nina Dyaning Galih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulis melalui strategi think-write pada kelas V SDN Pakunden II, Kota Blitar / Nina Dyaning Galih

Galih, Nina Dyaning (2010) Peningkatan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulis melalui strategi think-write pada kelas V SDN Pakunden II, Kota Blitar / Nina Dyaning Galih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Galih N.D. 2010. Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan dan Tulis Melalui Strategi Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas V-I SDN Pakunden II Kota Blitar . Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program S-1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono M. Pd. (II) Dra. Sutansi M. Pd. Kata Kunci TTW komunikasi lisan tulis. Kemampuan berkomunikasi lisan dan tulis di kelas V-I masih banyak kekurangan. Untuk mengetahui adanya peningkatan berkomunikasi siswa maka dilakukan pembelajaran dengan menerapkan strategi TTW. Dengan rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran melalui strategi TTW dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulispada siswa kelas V-I (2) Apakah melalui penggunaan srtategi TTW dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulis pada siswa kelas V-I . Dengan tujuan penulisan (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui strategi TTW dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulis pada siswa kelas V-I SDN Pakunden II (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran melalui strategi TTW dalam kemampuan berkomunikasi siswa secara lisan dan tulis pada siswa kelas V-I Strategi TTW merupakan strategi pembelajaran yang dibangun melalui aktivitas berpikir melalui kegiatan membaca selanjutnya berbicara dan membagi ide dengan sesama teman sebelum menulis. Dalam strategi TTW guru hanya sebagai motivator sedangkan siswa yang lebih aktiv dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Pakunden 2 kota Blitar. Rancangan penelitian dilakukan melalui tahap siklus. Dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tahap siklus terlebih dahulu dilakukan studi pendahuluan yaitu melalui tahap pra tindakan sebagai awal identifikasi masalah. Analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkkan adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulis. Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 50% sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 85%. Sehingga dapat dikatakan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan kemampuan berkomunikasi. Pada siklus I terdapat 10 siswa yang belum tuntas belajar sedangkan pada siklus II terdapat 3 siswa yang belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu bagi para guru untuk menggunakan strategi TTW dalam kegiatan berbicara dan menulis siswa. Bagi sekolah untuk lebih bekerja keras lagi dalam meningkatkan mutu pembel-ajaran secara kreatif dan inovatif khususnya dalam menerapkan strategi TTW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103143

Actions (login required)

View Item View Item