Peningkatan keterampilan manulis paragraf melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas IV SDN Baradan 6 Kabupaten Nganjuk / Ika Yuliasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan manulis paragraf melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas IV SDN Baradan 6 Kabupaten Nganjuk / Ika Yuliasari

Yuliasari, Ika (2010) Peningkatan keterampilan manulis paragraf melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition siswa kelas IV SDN Baradan 6 Kabupaten Nganjuk / Ika Yuliasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliasari Ika. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Siswa Kelas IV SDN Babadan 6 Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Nuryati M.Pd (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci menulis paragraf kooperatif CIRC Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition bagi siswa kelas IV SDN Babadan 6 dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SDN Babadan 6 dalam menulis paragraf dengan model pembelajaran CIRC. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan (action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 16 Nopember 2009 hingga 9 Januari 2010. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis des-kripsi kualitatif. Hasil penelitian dari data yang didapatkan menunjukkan bahwa siswa telah dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan model CIRC. Terjadi pening-katan keterampilan menulis paragraf dengan model pembelajaran CIRC bagi sis-wa kelas IV SDN Babadan 6 yakni dari 50% pada siklus 1 menjadi 100% pada si-klus 2 dan perkembangan hasil belajar siswa dalam menulis paragraf meningkat dari 40% pada pratindakan menjadi 60% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan me-nulis paragraf dengan model pembelajaran CIRC bagi siswa kelas IV SDN Baba-dan 6 tahun pelajaran 2009/2010 melalui proses pembelajaran telah berhasil dica-pai. Selain itu hasil belajar siswa kelas IV SDN Babadan 6 dalam menulis para-graf dengan model pembelajaran CIRC juga dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam meningkat-kan keterampilan menulis paragraf guru dapat melaksanakan pembelajaran koo-peratif model CIRC karena selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kegiat-an kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103140

Actions (login required)

View Item View Item