Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif model STAD di kelas III SDN Kuncir I kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk / Sri Kurniati Kusumaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif model STAD di kelas III SDN Kuncir I kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk / Sri Kurniati Kusumaningsih

Kusumaningsih, Sri Kurniati (2010) Peningkatan hasil belajar PKn melalui pembelajaran kooperatif model STAD di kelas III SDN Kuncir I kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk / Sri Kurniati Kusumaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaningsih Sri Kurniati. 2010. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD di Kelas III SDN Kuncir I Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Pra Sekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Suminah M.Pd (II) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd Kata Kunci pembelajaran kooperatif model STAD hasil belajar pkn sekolah dasar Selama proses pembelajaran PKn metode pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional sehingga siswa menjadi bosan dan penyampaiannya tidak dapat membangkitkan minat belajar siswa. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar PKn siswa kelas III hanya mencapai 5. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III (3) mendeskripsikan peningkatan pelaksanaan pembelajaran PKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Rancangan yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari tiga tahap yaitu prasiklus siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah (1) observasi (2) tes (3) angket dan (4) wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD dapat dilaksanakan dengan baik terlihat pada kenaikan hasil belajar siswa (2) pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu berdasar pada paparan data prasiklus jumlah rerata skor 64 33 dan daya serap klasikal 33 33% dan setelah diadakan tindakan pada siklus I rerata skor meningkat 72 3 dan daya serap klasikal meningkat menjadi 53 3%. Jumlah rerata skor dan daya serap mengalami peningkatan lagi pada siklus II yaitu 79 9 dan 86 67% pada siklus II ini siswa terdapat dua siswa yang tidak dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar karena kemampuan dua siswa ini sangat rendah (3) pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran terbukti dengan peningkatan aktivitas siswa baik secara kelompok maupun individu. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan selama 2 siklus dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat dilaksanakan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran PKn kelas III. Disarankan kepada guru (1) hendaknya guru menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran PKn maupun pembelajaran yang lain (2) guru hendaknya selalu merefleksi pembelajaran dan melakukan tindakan-tindakan perbaikan sehingga pembelajaran semakin berkembang (3) guru hendaknya selalu memotivasi siswa untuk belajar agar siswa semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103138

Actions (login required)

View Item View Item