Penerapan pembelajaran kooperatif model tgt (team game tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kauman 3 kecamatan kepanjen kidul kota Blitar / Wiji Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model tgt (team game tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kauman 3 kecamatan kepanjen kidul kota Blitar / Wiji Wijayanti

Wijayanti, Wiji (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model tgt (team game tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kauman 3 kecamatan kepanjen kidul kota Blitar / Wiji Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Wijayanti Wiji. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Team Game Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Kauman 3 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Zainudin M. Pd (II) Dra. Wasih. D.S M.Pd. Hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Kauman 3 Kota Blitar menunjukkan bahwa guru dalam mengajar tidak menggunakan metode yang bervariasi yang digunakan selalu metode ceramah dan pemberian tugas. Sehingga siswa menganggap bahwa matematika tidak lebih dari sekedar berhitung dan bermain dengan rumus-rumus dan angka-angka.Siswa menganggap matematika sulit dipelajari Salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif belajar adalah metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang mendorong siswa aktif menemukan sendiri pengetahuannya melalui ketrampilan proses. Model pembelajaran kooperatif yang cocok yaitu model TGT (Teams Games Tournaments). TGT adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dengan dibentuk kelompok-kelompok kecil dalam kelas yang terdiri tiga sampai lima siswa yang heterogen baik dalam prestasi akademik jenis kelamin ras maupun etnis. TGT ini memuat komponen komponen yaitu penyajian materi tim game turnamen dan penghargaan kelompok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap. Subjek penelitian adaah siswa kelas V. Model penelitian adalah kolaboratif yang memerlukan kerjasama antara peneliti dan guru yang memungkinkan lahirnya kesamaan pemahaman dan kesepakatan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar baik secara individu maupun klasikal. Peningkatan tersebut adalah dari 65 6% menjadi 90% berarti terjadi peningkatan sebesar 24 4%. Hasil yang diperoleh pada pelaksanaan diskusi dengan menerapkan pembelajaran kooperatif pada siklus I menunjukkan bahwa dari 32 siswa terdapat 26 siswa yang dinyatakan tuntas dan 6 siswa dari 32 siswa dinyatakan tidak tuntas dalam berdiskusi dengan skor dibawah kriteria yaitu 7. Secara klasikal hasil aktivitas siswa mencapai persentase 68% dan termasuk dalam kriteria tidak tuntas. Sedangkan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus II secara klasikal mencapai 90% dan dikatakan tuntas Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya pengelolaan waktu saat pelaksanaan turnamen dan pemilahan soal sesuai tingkat akademik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103137

Actions (login required)

View Item View Item