Penggunan model discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Menyarik Winongan Pasuruan / Zainul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunan model discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Menyarik Winongan Pasuruan / Zainul Arifin

Arifin, Zainul (2010) Penggunan model discovery untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Menyarik Winongan Pasuruan / Zainul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTAK Arifin Z. 2010. Penggunaan Model Discovery untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Menyarik Winongan Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Program Studi S1 PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci model discovery pembelajaran IPA SD Pelajaran IPA adalah suatu kegiatan membelajarkan siswa tentang ilmu pengetahuan yang tersusun secara sistematis dari hasil kegiatan siswa berupa fakta konsep prinsip dan teori tentang peristiwa alam sekitar yang diperoleh melalui metode ilmiah. Berdasarkan pengalaman di lapangan kurang berhasilnya pembelajaran IPA disebabkan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dan tidak termotivasi untuk belajar. Terbukti dari hasil tes yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai kelas (58 6) dan masih ada 15 siswa yang nilainya masih di bawah SKM mata pelajaran IPA SDN Menyarik yaitu 4 siswa mendapatkan nilai (60) 7 siswa mendapatkan nilai (55) 1 siswa mendapatkan nilai (50) dan 3 siswa mendapatkan nilai (45). Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang baik. Model discovery merupakan model pembelajaran yang membuat siswa menemukan sendiri apa yang dipelajarinya sehingga diharapkan apa yang didapat siswa lebih bertahan lama dan siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model discovery dalam pembelajaran IPA kelas IV (2) aktivitas belajar siswa (3) peningkatan hasil belajar siswa (4) tanggapan siswa tentang penerapan model discovery dengan menggunakan rancangan PTK. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Menyarik Winongan Pasuruan sebanya 21 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi lembar observasi angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model discovery dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Menyarik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan guru dalam pembelajaran IPA pada siklus I skor pada APKG adalah 108 dengan nilai (75) sedang pada siklus II meningkat menjadi 188 dengan nilai (88 6). Untuk aktivitas siswa pada siklus I siswa yang mencapai taraf keberhasilan cukup sebanyak 7 siswa yang mencapai taraf keberhasilan baik sebanyak 14 siswa dan yang mencapai taraf keberhasilan baik sekali 0 siswa. Sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan siswa yang mencapai taraf keberhasilan cukup sebanyak 0 siswa yang mencapai taraf keberhasilan baik 17 siswa dan yang mencapai taraf keberhasilan baik sekali sebanyak 4 siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai pada pra tindakan (58 6) siklus I (78 8) dan siklus II (92 1). Tanggapan siswa sangat senang terhadap penerapan model discovery. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah (1) penerapan model discoveridapat meningkat kemampuan guru pembelajaran (2) meningkatkan aktivitas siswa (3) meningkatkan hasil belajar siswa dan (4) siswa merasa senang dengan penerapan model discovery. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Penelitian dapat dijadikan pedoman untuk penentu kebijakan bagi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. (2) Untuk menggunakan model discovery hendaknya mempersiapkan persiapan yang cukup matang karena tidak setiap topik dapat menggunakan model discovery dan memperhatikan kelemahan-kelemahannya agar mendapatkan pembelajaran yang diharapkan. (3) Untuk peneliti lain perlu adanya penelitian yang lebih lanjut untuk mendapatkan temuan yang lebih signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103133

Actions (login required)

View Item View Item