Penggunaan kartu perkalian untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Kebonagung 05 kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Prasdian Yudha Bhakti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan kartu perkalian untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Kebonagung 05 kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Prasdian Yudha Bhakti

Bhakti, Prasdian Yudha (2010) Penggunaan kartu perkalian untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Kebonagung 05 kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang / Prasdian Yudha Bhakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bhakti PY. 2010. Penggunaan Kartu Perkalian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Kebonagung 05 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi jurusan S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini S. Pd M. Pd (II) Drs Bambang Soerjono M.Ed. Kata Kunci Penggunaan kartu perkalian Pembelajaran matematika Hasil Belajar Anak usia dini seperti kelas 1 sampai dengan kelas 3 SD sangat dominan kegiatan bermainnya. Permainan berperan penting bagi anak-anak karena hal itu melatih kemampuan bahasa kognitif kreativitas dan sosial mereka dan memberi andil bagi perkembangan kepribadian umum mereka kita perlu memfasilitasi pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak SD. Salah satu strategi pembelajaran matematika yang dapat digunakan yaitu belajar sambil bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan kartu perkalian di kelas III (2) Mendeskripsikan penggunaan kartu perkalian dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas III (3) Mendeskripsikan penggunaan kartu perkalian dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Kebonagung 05 Kecamatan Pakisaji Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar yang ada di kelas III SDN Kebonagung 05. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang mempunyai 4 tahap yakni Perencanaan (Planning) Tindakan (Action) Pengamatan (Observation) Refleksi (Reflektive). Dalam penelitian ini siswa diberi tindakan yakni berupa pembelajaran menggunakan kartu perkalian. Hasil Belajar matematika siswa pada pokok bahasan perkalian dengan penggunaan kartu perkalian menunjukkan ada peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebelum penerapan penggunaan kartu perkalian hanya mencapai 52 12 meningkat pada siklus I menjadi 61 87 dan pada siklus II mencapai 71 69 dari hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I yang memenuhi ketuntasan individu terdapat 15 siswa (45 45%) yang tuntas dan 18 siswa (54 54) yang belum tuntas pada siklus II ketuntasan individu mencapai 29 siswa atau yang mencapai ketuntasan sebesar (87%) Penggunaan kartu perkalian dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Kebonagung 05 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Hal ini dapat dilihat dari siklus I (61 87%) ke siklus II (71 69%) yang mengalami peningkatan 9 82% Saran dari adanya penelitian ini adalah guru dapat menggunakan kartu perkalian pada pembelajaran dengan cara memberikan bimbingan pada siswa dengan cara belajar melalui bermain yang menyenangkan sehingga siswa tidak akan merasa bosan dan konsep akan tertanam dengan sendirinya pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103130

Actions (login required)

View Item View Item