Developing snake and ladder-based pictorial board game 'smart in grammar' to reinforce grammar of simple past tense for the eight grades of SMP Negeri 1 Kayen Kidul / Mellia Khristianawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing snake and ladder-based pictorial board game 'smart in grammar' to reinforce grammar of simple past tense for the eight grades of SMP Negeri 1 Kayen Kidul / Mellia Khristianawati

Khristianawati, Mellia (2016) Developing snake and ladder-based pictorial board game 'smart in grammar' to reinforce grammar of simple past tense for the eight grades of SMP Negeri 1 Kayen Kidul / Mellia Khristianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khristianawati Mellia. 2016. Developing Snake and Ladder-Based Pictorial Board Game Smart in Grammar to Reinforce Grammar of Simple Past Tense for the Eighth Graders of SMP Negeri 1 KayenKidul. Sarjana s Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisors (1) Dr. Suharyadi S.Pd. M.Pd. (2) Drs. AndiMuhtar M.A. Kata Kunci Pictorial board game snake and ladder Smart in Grammar simple past tense eighth graders. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanpapanpermainanbergambar yang berbasisulartanggauntukmenguatkantatabahasasimple past tensekelasdelapan.Desain yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangan yang diadaptasidari Borg dan Gall (2003).Tahapan-tahapannyadiperpendekmenjaditujuhtahapanantara lain (1) analisiskebutuhan (2) pengembanganproduk (3) validasiahli (4) revisiproduk (5) Ujicoba (6) revisiprodukakhir (7) produkakhir. Penelitianinidilaksanakan di SMP Negeri 1 KayenKidul.Subyekdariujicobadiabmbildarikelas 8D. Ada 31siswa di kelas 8Dtetapipenelitihanyamengambil 20 siswa yang dikategorikanberdasarkanlebihtinggi sedang danlebihrendahkemampuandalamberbahasaInggris. Berdasarkananalisiskebutuhan yang dilakukan di kelas 8D sebagianbesarsiswamemilikiminat yang rendahdalambelajargrammar.Hal itudiperolehdariwawancaradengan guru dandidukungolehkuesioner yang disebarkankepadasiswa-siswa.Sebagianbesardarimereka (93 5%) menyatakanbahwamerekamemilikiminat yang rendahdalambelajargrammarterutamasimple past tensekarenaitusulitmenurutmereka. Selanjutnya menurutwawancara guru di sanatidakada media untukmengajarkansimple past tensesebelumnya. Olehkarenaitu untukmeningkatkanminatsiswa-siswadalambelajarsimple past tense penelitimengembangkansebuah media sebagaipenguatansimple past tense. Produk yang dikembangkanolehpenelitiadalahsebuahpaketpapanpermainanbernamaSmart in Grammar. PaketSmart in Grammarterdiridaripapan dadu pion petunjukpermainan petunjukpenskoran kuncijawaban spesifikasiproduk kartumisidankartutantangan.Smart in Grammarmenawarkansebuahpembelajaran yang menarikdanmenyenangkansambilbermainuntuksiswa-siswakelasdelapan. HasildaripenelitianiniadalahSmart in Grammarsangatsesuaidanberlakuuntukdigunakansebagai media untukpenguatangrammar simple past tensedarisiswa-siswakelasdelapan. Berdasarkanvalidasiahli didapat 94.57% darivalidasiahli 1 dan 97.83% darivalidasiahli 2. Berdasarkankuesionersiswasetelah try out hampirseluruhsiswamenyukaiSmart in Grammarkarenaitumenyenangkandanbermanfaat.Sebagianbesarsiswamenyatakanbahwamerekasukabelajar simple past tense menggunakanSmart in Grammar. merekajugamenyatakanbahwaSmart in Grammarsangatmembantumerekauntukbelajarsimple past tense. Smart in Grammarsangatbermanfaatdanmemberikansiswakemudahanuntukbelajarsimple past tense.selanjutnya Smart in Grammarmudahuntukdimainkandanmerekamerasasenangketikabermain. Akan tetapi beberapasiswa (20%)menyatakanbahwasoal-soaldalampermainansulit.Berdasarkanhasildariobservasikelasdankuesioner guru bagian yang sulitdaripertanyaan-pertanyaantersebutadalahinstruksiuntukmembuatkalimattanyapadakartutantangan. Olehkarenaitu adasedikitrevisipadabagianitukarenaberdasarkanobservasikelasdankuesioner guru bagiansulitadalahpadainstruksi di kartutantangan. Olehkarenaitu disarankanuntuk guru bahasainggrisuntukmenggunakan media inisebagaipenguatanmateriuntukgrammar simple past tenseuntukkelasdelapan.Disarankanjugauntuk guru bahasainggrismemastikanbahwasemuasiswatelahmemahamibagaimanamemainkanpermainaninidanperaturanpermainanini.PenelitiselanjutnyadiharapkanuntukmengadakansebuahpenelitianberhubungandenganpenelitiantindakankelasdanpenelitianeksperimenmenggunkanpermainanSmart in Grammar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10313

Actions (login required)

View Item View Item