Peningkatan prestasi belajar IPS kelas IV Menggunakan media ritatoon di SDN Sadaeng II Tosari Kabupaten Pasuruan / Sukartini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar IPS kelas IV Menggunakan media ritatoon di SDN Sadaeng II Tosari Kabupaten Pasuruan / Sukartini

Sukartini (2010) Peningkatan prestasi belajar IPS kelas IV Menggunakan media ritatoon di SDN Sadaeng II Tosari Kabupaten Pasuruan / Sukartini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Sukartini 2009. Peningkatan Prestasi Belajar IPS kelas IV Menggunakan Media Ritatoon di SDN Sedaeng II Tosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi Juruasan Keilmuan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I (1) Drs Usep Kustiawan M.Sn Pembimbing II (2) Drs Toha Mashudi S.Pd M.Pd Kata Kunci Hasil Belajar IPS Media Ritatoon Berdasarkan hasil pengamatan di SDN Sedaeng II Permasalahan yang sering timbul diantaranya 1) Fokus pembelajaran hanya berpusat pada guru 2) Rendahnya tingkat aktivitas siswa didalam proses pembelajaran 3) Guru belum menggunakan alat bantu media yang sesuai dengan materi yang diajarkan khususnya mata pelajaran IPS Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan penerapan media pembelajaran Ritatoon dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Sedaeng II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran Ritatoon pada siswa kelas IV SDN Sedaeng II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan Dalam penelitian ini penerapan media pembelajaran Ritatoon pada siswa kelas IV SDN Sedaeng II menggunakan langkah-langkah sebagai berikut 1) Guru menjelaskan suatu materi kepada siswa 2) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dalam kerja kelompok 3) Mengevaluasi hasil kerja siswa Data penelitian berupa hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes observasi dan wawancara. Penerapan media pembelajaran Ritatoon memiliki dampak positif dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil sebelum dilaksanakn media Ritatoon diketahui nilai rata-rata kelas 51 1 dengan ketuntasan belajar klasikal 22 2% meningkat menjadi silai rata-rata 67 7 dengan ketuntasan belajar klasikal 50%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 82 8 dengan ketuntasan belajar kalsikal 82 5% Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Ritatoon adalah siswa masih belum terbiasa dengan media pembelajaran Ritatoon sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah. Hasil belajar siswa kelas IV SDN Sedaeng II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan masih perlu ditingkatkan lasi melalui upaya-upaya terencana dan kesinambungan. Hasil penelitian ini akan dijadikan landasan bagi peneliti lain untuk penelitian sejenis yang akan datang. Berdasarkan hasil penelitian kelas ini maka saran yang kami ajukan adalah 1) Kepada guru disarankan menerapkan media pembelajaran Ritatoon pada pembelajaran IPS atau mata pelajaran yang lain 2) Bagi lembaga Pendidikan SD disarankan menerapkan media Ritaoon untuk meningkatakan kualitas atau mutu prestasi siswa dan kinerja guru 3) Bagi peneliti lain disarankan dapat mengembangkan media Ritatoon pada mata pelajaran yang lain sehingga diperoleh kualitas pendidikan yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103126

Actions (login required)

View Item View Item