Peningkatan hasil belajar matemetika melalui penerapan model tutor senaya pada siswa kelas IIA SDN Bendogerti kota Blitar / Rida Umayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matemetika melalui penerapan model tutor senaya pada siswa kelas IIA SDN Bendogerti kota Blitar / Rida Umayah

Umayah, Rida (2010) Peningkatan hasil belajar matemetika melalui penerapan model tutor senaya pada siswa kelas IIA SDN Bendogerti kota Blitar / Rida Umayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umayah Rida. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Tutor Sebaya pada Siswa Kelas IIA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah (KSDP) Program S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Lilik Bintartik M. Pd (2) Drs. Sunyoto M. Si. Kata kunci Hasil Belajar Matematika Model Tutor Sebaya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika di kelas IIA SDN Bendogerit I Kota Blitar. Hal ini ditandai dengan jumlah siswa yang tuntas kurang dari 50% ketika mempelajari penjumlahan dua angka dengan teknik menyimpan dan pengurangan dua angka dengan teknik meminjam. Guru telah berusaha mengatasi hal tersebut dengan memberikan pelajaran tambahan di luar jam sekolah tetapi belum memperoleh hasil yang memuaskan. Setelah dipelajari ternyata siswa yang belum tuntas ingin cepat pulang dan malu jika harus pulang terlambat karena ikut jam tambahan.Untuk mengatasi hal tersebut kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model tutor sebaya. Tujuan penelitian ini ada dua yaitu (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model tutor sebaya dan (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model tutor sebaya di kelas IIA SDN Bendogerit Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) dan refleksi. Data diperoleh dengan tiga metode yaitu (1) observasi dengan menggunakan instrument lembar observasi kegiatan guru dan siswa (2) test dengan menggunakan instrument lembar test dan (3) foto. Adapun Langkah-langkah kegiatan analisis data adalah (1) mereduksi data (2) memaparkan data (3) menarik kesimpulan dan verifikasi. Materi yang dipelajari pada siklus I adalah menjumlahkan dua bilangan tiga angka dengan teknik menyimpan dan menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dua bilangan tiga angka dengan teknik menyimpan. Sedangkan materi pada siklus II adalah menyelesaikan pengurangan dua bilangan tiga angka dengan teknik meminjam dan menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan dua bilangan tiga angka dengan teknik meminjam. Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model tutor sebaya di kelas IIA menunjukkan keberhasilan. Hal ini ditunjukkan oleh terpenuhinya semua kriteria dalam prosedur pelaksanaan pembelajaran dengan model tutor sebaya. Pada akhir siklus II semua sudah terpenuhi dan mencapai skor maksimal yaitu lima kecuali untuk komunikasi dan sikap menghargai pendapat teman yang masih harus ditingkatkan karena skor yang diperoleh belum maksimal yaitu empat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103125

Actions (login required)

View Item View Item