Pendekatan ekspositori dalam peningkatan hasil belajar tentang bentuk benda pada pelajaran IPA kelas II MI Miftahul Anwar Bangil kabupaten Pasuruan / Nurul Afiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan ekspositori dalam peningkatan hasil belajar tentang bentuk benda pada pelajaran IPA kelas II MI Miftahul Anwar Bangil kabupaten Pasuruan / Nurul Afiyah

Afiyah, Nurul (2010) Pendekatan ekspositori dalam peningkatan hasil belajar tentang bentuk benda pada pelajaran IPA kelas II MI Miftahul Anwar Bangil kabupaten Pasuruan / Nurul Afiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurul Afiyah 2009. Pendekatan Ekspositori dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas II MI Miftahul Anwar Bangil Kabupaten Pasuruan. Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan KSDP. Program S1 PGSD . Pembimbing 1) Drs. Achmad Badawi S.Pd M.Pd 2) Drs.Tumardi S.Pd Kata kunci Ekspositori Hasil Belajar IPA SD Hasil Belajar IPA bentuk benda siswa kelas II MI Mitahul Anwar cenderung rendah penguasaan konsep benda padat dengan nilai rata-rata kelas 57.8125 dari 32 siswa 12 siswa mendapat di atas rata-rata kelas dan 20 siswa mendapatkan nilai di bawah rata-rata kelas.sedangkan penguasaan konsep.benda cair dengan nilai rata-rata kelas 46.5625 dari 32 siswa 7 siswa mendapat di atas rata-rata kelas dan 25 siswa mendapatkan nilai di bawah rata-rata kelas 12 mendapat di atas rata-rata kelas dan 20 siswa mendapatkan nilai di bawah rata-rata kelas. Hal ini karena guru lebih sering menerapkan metode ceramah dalam pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa dan pengalaman langsung pada diri siswa. Permasalahan tersebut dicoba diatasi dengan pendekatan Ekspositori pada pembelajaran IPA tentang bentuk benda kelas II MI.Miftahul Anwar Kecamatan Bangil Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pendekatan Ekspositorir untuk meningkatkan pemahaman konsep bentuk benda siswa kelas II MI Miftahul Anwar Kecamatan Bangil (2) Mendeskripsikan tingkat keberhasilan pendekatan Ekspositori pada konsep bentuk benda siswa kelas II . Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas II. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi soal dan pedoman wawancara. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1) hasil observasi pendekatan Ekspositori pada penguasaan konsep bentuk benda siswa kelas II nilai rata-rata kelas pra tindakan adalah 57 8125 siklus I adalah 72 8125 dan siklus II adalah 86 25 untuk benda padat dan penguasaan konsep bentuk benda siswa kelas II nilai rata-rata kelas pra tindakan adalah 46 5625 siklus I adalah 68 125 dan siklus II adalah 84 0625 untuk benda cair. Sehingga penguasaan konsep benda padat siswa dari pra tindakan ke siklus II mengalami peningkatan 49 189%% dan penguasaan konsep benda cair siswa dari pra tindakan ke siklus II mengalami peningkatan 80 60% dengan kategori sangat baik dengan rata-rata kelas pengasaan konsep bentuk benda adalah 85 16. (2) hasil observasi aktivitas siswa dengan pendekatan Ekspositori pada siklus I sebesar 80% dengan katagori baik dan hasil observasi aktivitas siswa dengan penerapan pendekatan Ekspositori pada siklus II sebesar 85% dengan katagori baik. Saran dari penelitian ini dikemukakan sebagai berikut (1) pendekatan Ekspositori layak dipertimbangkan sebagai alternatif pembelajaran bentuk benda (2) bagi guru yang mengajar IPA disarankan menerapkan pendekatan Ekspositori dalam kegiatan pembelajaran bentuk benda (3) guru pengajar disarankan menerapkan pendekatan Ekspositori dalam pembelajaran IPA yang memungkinkan terjadinya proses belajar melalui pengalaman langsung (4) bagi guru perlu diketahui bahwa siswa MI khususnya kelas II penerapan pendekatan Ekspositori sangat cocok diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103122

Actions (login required)

View Item View Item