Peningkatan hasil belajar matematika soal cerita mulalui model cooperative lerning, tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN Kecubung 2, Nganjuk / Nova Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika soal cerita mulalui model cooperative lerning, tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN Kecubung 2, Nganjuk / Nova Nur Aini

Aini, Nova Nur (2010) Peningkatan hasil belajar matematika soal cerita mulalui model cooperative lerning, tipe jigsaw pada siswa kelas IV SDN Kecubung 2, Nganjuk / Nova Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini Nova Nur. 2010. Peningkatan Hasil BelajarMatematika Soal Cerita Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Kecubung 2 Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. H. M. Zaenudin M. Pd (II) Drs. Imam Hanafi M. M Kata Kunci hasil belajar soal cerita cooperatif learning tipe jigsaw Hasil observasi yang dilakukan di Kecubung 2 Kabupaten Nganjuk pada tanggal 9 23 November 2009 pembelajaran yang dilakukan di kelas IV kurang memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas dalam pelajaran. Pada jam pelajaran ke 1 sampai jam pelajaran ke 3 siswa belajar matematika dalam kegiatan belajarnya guru menggunakan metode ceramah dan penugasan. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil dan memberikan tugas pada setiap kelompoknya. Dalam menyelesaikan tugas kelompoknya ketrampilan kooperatif masih belum terlihat. Terbukti dari siswa yang pandai selalu mendominasi tugas yang diberikan guru sedangkan siswa yang kurang pandai hanya menurut saja dan menyalin jawaban dari tugas yang dikerjakan oleh siswa yang lebih pandai. Motivasi siswa dalam mengerjakan tugas juga kurang terlihat dibuktikan pada saat siswa menyatakan pendapat masih ragu-ragu karena masih mempunyai rasa takut. Untuk mengatasi masAlah tersebut maka dalam pembelajaran di kelas dapat diterapkan model kooperatif learning tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan model cooperative learning tipe jigsaw meningkatkan hasil belajar soal cerita yang melibatkan uang pada siswa kelas IV (2) untuk mendeskripsikan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa matematika di kelas IV. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Sedangkan rancangan penelitian ini mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Taggart. Model penelitian ini adalah kolaboratif dimana penulis bertindak sebagai pengamat dan juga sebagai guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berdiskusi siswa kelas IV SDN Kecubung 2 Nganjuk yang ditunjukkan dari peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan diskusi sebesar 40 % dan siklus II pada proses diskusi diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 90 %. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 56 67 % dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 93 33 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran soal cerita maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kecubung 2 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103120

Actions (login required)

View Item View Item