Developing computer-based reading activities for tenth grade students of SMAN 1 Dampit / Dewi Susan - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing computer-based reading activities for tenth grade students of SMAN 1 Dampit / Dewi Susan

Susan, Dewi (2016) Developing computer-based reading activities for tenth grade students of SMAN 1 Dampit / Dewi Susan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susan Dewi. 2016. Developing Computer-Based Reading Activities to Improve Reading Ability of the Tenth Graders of SMAN 1 Dampit.Pendidikan Bahasa Inggris Sastra Inggris Fakultas Sastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D. (2) Dra. Sri Andreani M.Ed. Kata Kunci aktivitasmembacabebasiskomputer teksdeskriptif program computer Hot Potatoes SQ3R Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkankegiatanmembacaberbasiskomputersebagaimateriuntukbelajarmembacamandiri khususnyauntuksiswakelassepuluh di SMAN 1 Dampit yang sesuaidengan K13.Kelastersebutdipilihkarenamemilikicelahkesenjanganantarakelemahandari strategy membaca SQ3R yang diterapkan di kelasdanmasalahketerbatasanwaktudalambelajarmembaca di kelas. Penelitimengadaptasi model penelitiandanpengembangandariBorg and Gall (2003).Model aslitelahdiadaptasimenjadisebagaiberikut (1) analisiskebutuhan (2) pengembanganproduk (3) validasiahli (4) revisi I (5) ujicobaproduk (6) revisi II (7) produkakhir.Analisiskebutuhanbertujuanuntukmendapatkaninformasitentangkebutuhansiswadansekolah.Hasildarianalisiskebutuhandigunakansebagaiacuandalammengembangkanproduk.Produk yang telahdikembangkandikonsultasikankepada para ahlivalidasi.Para ahlivalidasimengevaluasiproduk.Penelitimerevisiprodukberdasarkan saran yang diberikanolehpara ahli.Produk yang telahdirevisidiujicobakankepadasepuluhsiswa.Dalam proses ujicoba siswajugadimintauntukmengevaluasiproduk. Data yang didapatkandari proses validasiahliadalah data kualitatif sedangkan data dariujicobaprodukadalah data kuantitatif. Keduanyadijabarkandengancarapenggambaran. Hasildaripenelitianiniberupakegiatanmembacaberbasiskomputer yang memuathalamanutamadanhalamanlatihanmembaca.Setiaphalamanlatihanmembacamemuatteksbacaandeskriptiflengkapdenganglosarium danlatihansoalpilihangandadisertaidenganumpanbalikdanskor. KegiatanmembacaberbasiskomputerinidapatmenutupcelahkesenjanganantarakelemahanstrategimembacaSQ3Rdanmasalahketerbatasanwaktu yang dimilikisiswauntukbelajarmembaca di kelas.Hasildariujicobaprodukjugamenunjukkanbahwaprodukinidapatmembantusiswameningkatkankemampuanmembacamereka. Akan tetapi produkinidikembangkanmelalui program komputerHot Potatoes sehinggarancangandandesainsudahterprogram. Iniberartibahwapenggunatidakbisamenciptakan model yang merekainginkan.Bagaimanapunjuga pengoperasian program inisangatmudahdancepatsehingga guru dapatmenciptakankegiatanmembaca yang interaktifdengancepat. Selanjutnya produkinihanyamemuattentangteksdeskriptifdengantopik yang terbatas.Olehkarenaitu peneliti lain disarankanuntukmenghasilkanprodukpendidikan lain yang lebihbagus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10312

Actions (login required)

View Item View Item