Pembelajaran PKn kompetensi dasar mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar melalui pendekatan CTL kelas III SDN Blimbing Jombang / Raden Roro Intan Dewi Puspaning Ratri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran PKn kompetensi dasar mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar melalui pendekatan CTL kelas III SDN Blimbing Jombang / Raden Roro Intan Dewi Puspaning Ratri

Ratri, Raden Roro Intan Dewi Puspaning (2010) Pembelajaran PKn kompetensi dasar mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar melalui pendekatan CTL kelas III SDN Blimbing Jombang / Raden Roro Intan Dewi Puspaning Ratri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratri Raden Roro Intan D.P. 2009. Pembelajaran PKn Kompetensi Dasar Mengenal Aturan-Aturan yang Berlaku di Lingkungan Masyarakat Sekitar Melalui Pendekatan CTL Kelas III SDN Blimbing Jombang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si (II) Dra. Widayati M.H. Kata Kunci Pendekatan CTL Pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) peningkatan proses belajar PKn kompetensi dasar mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat kelas III SDN Blimbing Jombang dengan pendekatan CTL (2) peningkatan aktivitas siswa kelas III SDN Blimbing Jombang selama pembelajaran PKn kompetensi dasar mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat dengan pendekatan CTl (3) peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Blimbing Jombang pada kompetensi dasar mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat dengan pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Rancangan yang digunakan ada lah PTK dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas a) perencanaan b) pelak sanaan c) observasi dan d) refleksi. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menerapkan pendekatan CTL (Contekstual Teaching and Learning) ada lah belajar yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa (2) pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL (Contekstual Teaching and Lear ning) dapat meningkatkan proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn kelas III SDN Blimbing Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang yaitu dari rerata skor 57% pada siklus 1 meningkat menjadi 91% pada siklus 2. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu rerata skor 9% pada pra siklus meningkat menjadi 31% pada siklus 1 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 94%. Selain itu pendekatan CTL dalam pembelajaran PKn mening kat kan hasil tes akhir siswa yaitu dari rerata skor 34% meningkat menjadi 46% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 91% pada siklus 2. Dengan demikian pembelajaran norma pada mata pela jaran PKn dengan menerapkan pendekatan CTL pada siklus 2 dinyatakan tuntas. Sebaiknya guru menggunakan berbagai macam metode media pembela jaran serta memahami kemampuan dan karakteristik peserta didiknya karena setiap peserta didik memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda dengan lainnya sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103118

Actions (login required)

View Item View Item