Pemanfaatan media keping berwarna untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi hitung bilangan bulat kelas IV SDN Petung II Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Muhammad Mukhdor - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media keping berwarna untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi hitung bilangan bulat kelas IV SDN Petung II Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Muhammad Mukhdor

Mukhdor, Muhammad (2010) Pemanfaatan media keping berwarna untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi hitung bilangan bulat kelas IV SDN Petung II Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan / Muhammad Mukhdor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukhdor Muhammad. 2009. Pemanfaatan Media Keping Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas IV di SDN Petung II Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Skripsi FIP UM Jurusan KSDP. Program S1 PGSD. Pembimbing (1) Drs. Suharjo M.S. M.A (2).Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd Kata kunci Keping berwarna Hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung bilangan bulat berbeda tanda di kelas IV dengan menggunakan media keping berwarna. Dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalah sebagai berikut.(1)Bagaimanakah pemanfaatan media keping berwarna dalam pembelajaran matematika untuk meningatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SDN Petung II Kec. Pasrepan Kab.Pasuruan (2) Apakah dengan menggunakan media keping berwarna dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat pada kelas IV di SDN Petung II Kec.Pasrepan Kab.Pasuruan Subyek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Petung 2 Kec. Pasrepan sebanyak 23 siswa. Penelitian ini diawali dengan pemberian tes awal yang bertujuan untuk memperoleh gambaran awal kemampuan siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 60 8% (14 siswa) mencapai standar nilai ketuntasan termasuk klasifikasi baik 39 2% (9 Siswa) belum mencapai nilai standar ketuntasan belajar. Tingginya prosentase siswa yang yang belum mencapai standar ketuntasan dalam belajar dikarenakan siswa masih belum menguasai konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berbeda tanda. Perbaikan yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil observasi pada siklus 1 dan siklus 2 diperoleh data persentase keberhasilan aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 85 7% dengan kategori sangat baik. Dan pada siklus 2 sebesar 88 6% dengan kategori sangat baik. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 2 9% secara keseluruhan aktivitas guru dalam proses pembelajaran dikategorikan sangat baik Hal ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran matematika dengan menerapkan pengggunaan media keping berwarna untuk menanamkan konsep operasi hitung dengan sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 66 9% dengan kategori baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 2 sebesar 85 7%. dari data tersebut diketahui adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18 8% secara keseluruhan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat secara signifikan setelah di beri tindakan dan dikategorikan sangat baik. Tingkat penguasaan konsep dan kemampuan siswa menyelesaikan soal yang berhubungan dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berbeda tanda juga mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan hasil rata-rata kelas tes awal sebesar 66 5 dan pada tes akhir siklus 1 naik menjadi 71 3 serta siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa. Sedangkan hasil tes akhir pada siklus 2 nilai rata-rata kelas mencapai 80 8 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa dari data diatas dapat diketahui telah terjadi meningkatan nilai rata rata siswa seluruh kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 9 5 sehingga dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan media keping berwarna dalam pembelajaran matematika tentang operasi hitung penjumlahan dan pengururangan bilangan bulat berbeda tanda dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar di SDN Petung 2 Kec. Pasrepan Kab. Pasuruan Saran dari penelitian ini dikemukakan sebagai berikut (1). Pembelajaran matematika sedapat mungkin dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran matematika yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (2). Bagi guru disarankan agar menerapkan pembelajaran matematika dengan memanfaatkan media keping berwarna terutama pada materi penanaman konsep operasi hitung bilangan bulat berbeda tanda di kelas 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103113

Actions (login required)

View Item View Item