Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara unggah-ungguh basa jawa di kelas V SDN Sumbermanjing Kulon I Pagak Malang / Fatty Purwantie - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara unggah-ungguh basa jawa di kelas V SDN Sumbermanjing Kulon I Pagak Malang / Fatty Purwantie

Purwantie, Fetty (2010) Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara unggah-ungguh basa jawa di kelas V SDN Sumbermanjing Kulon I Pagak Malang / Fatty Purwantie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwantie Fetty. 2009. Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Basa Jawa di Kelas V SDN Sumbermanjingkulon I Pagak Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H.M Thoha A.R S.Pd M. Pd (2) Drs. H. Rumidjan M.Pd. Kata kunci Metode bermain peran keterampilan berbicara unggah-ungguh Basa Jawa Ketika seseorang berbicara dengan orang lain dalam Bahasa Jawa maka perlu diperhatikan adanya tatanan dalam berbahasa Jawa yang disebut unggah-ungguh basa. Berdasarkan adanya unggah-ungguh basa dalam pergaulan masyarakat Jawa diperlukan adanya pengenalan sejak dini terhadap tatanan tersebut. Pembelajaran unggah-ungguh basa di SD kebanyakan hanya menekankan pada kegiatan reseptif berbahasa. Sedangkan aspek produktifnya belum banyak dimunculkan. Sementara keterampilan reseptif yang tidak diimbangi dengan keterampilan produktif akan menjadikan siswa kurang mampu mengekspresikan ide dan berkomunikasi dalam kehidupan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk. (1) Mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara unggah-ungguh Basa Jawa di kelas V SDN Sumbermanjingkulon I Pagak Malang (2) Mendeskripsikan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara unggah-ungguh Basa Jawa di kelas V SDN Sumbermanjingkulon I Pagak Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Subjek penelitian dibatasi pada siswa kelas V SDN Sumbermanjingkulon I Pagak Malang yang berjumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dokumentasi dan wawancara. Sedangkan evaluasi yang dilakukan terfokus pada hasil keterampilan berbicara unggah-ungguh Basa Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara unggah-ungguh Basa Jawa siswa. Pada siklus I siswa kelompok tinggi mengalami kenaikan mengalami kenaikan sebesar 3 (4 41%) siswa kelompok sedang mengalami kenaikan sebesar 6 5 (10 83%) dan siswa kelompok rendah sebanyak 4 5 (8 65%). Pada siklus II kelompok tinggi mengalami kenaikan sebesar 15 (21 12%) siswa kelompok sedang mengalami kenaikan sebesar 16 5 (24 81%) dan siswa kelompok rendah sebanyak 24 16 (42 76%). Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai diatas 75 % sehingga siklus dihentikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara unggah-ungguh Basa Jawa. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah bahwa guru hendaknya menyajikan materi dengan memilih metode yang tepat dan menarik siswa. Hal ini diperlukan untuk meingkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103111

Actions (login required)

View Item View Item