Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model problem based learning (PBL) pada siswa kelas V di SDN Ardimulyo 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Pasuruan / Dina Desi Maulita - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model problem based learning (PBL) pada siswa kelas V di SDN Ardimulyo 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Pasuruan / Dina Desi Maulita

Maulita, Dina Desi (2010) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model problem based learning (PBL) pada siswa kelas V di SDN Ardimulyo 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Pasuruan / Dina Desi Maulita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulita Dina Desi. 2009. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Di Kelas V SDN Ardimulyo 02 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Sugiharti S.Pd M.Pd (II) Drs. I Made Seken S.Pd M.Pd Dra. Sri Harmini M.Pd Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS Pembelajaran IPS di SDN Ardimulyo 02 masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. Oleh karena itu peneliti menganggap penting mengadakan penelitian guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu strategi dari pendekatan pembelajaran kontekstual digunakan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuannya yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa IPS kelas V SDN Ardimulyo 02. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Data hasil Penelitian dianalisis secara diskriptif. Tempat pelaksanaan di SDN Ardimulyo 02 Kabupaten Malang dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 48 siswa dan dilaksanakan mulai tanggal 3 Agustus-21 November 2009. Hasil penelitian setelah diterapkan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS dengan kompetensi dasar menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia menunjukkan adanya dampak yang baik terhadap aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap aktivitas siswa adalah adanya kenaikan rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari pra tindakan ke siklus I kemudian ke siklus II. Rata-rata skor semua komponen aktivitas siswa pada pra tindakan sebesar 40 meningkat menjadi 70 pada siklus I kemudian mencapai 94 pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa dari pra tindakan (58) ke siklus I (69) kemudian ke siklus II (83) dan dari peningkatan prosentase taraf keberhasilan siswa dari pra tindakan (4%) ke siklus I (40%) kemudian siklus II (96%). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa. Oleh karena itu maka disarankan agar Problem Based Learning (PBL) dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam penilaian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103110

Actions (login required)

View Item View Item