Velarosdela, Rindi Nuris (2016) Developing a prototype of computer-based supplementry reading materials for the eighth graders of secondary school / Rindi Nuris Velarosdela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Velarosdela R.N. 2016. Pengembangan Materi Tambahan Membaca Berbasis Komputer untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Andreani M.Ed. (2) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata Kunci berbasis komputer materi tambahan membaca Berdasarkan kurikulum 2013 siswa kelas VIII harus menguasai 3 jenis teks yaitu deskripsi recount dan narrative. Tetapi tujuan tersebut sulit untuk dicapai karena terbatasnya waktu dalam pengajaran Bahasa Inggris di sekolah dan kurang tersedianya materi bacaan untuk peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi tambahan membaca berbasis komputer untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Produk ini diharapkan dapat menjadi materi tambahan membaca bagi siswa di luar kelas dan memotivasi mereka untuk membaca. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall (2003) menjadi 6 langkah yaitu (1) peninjauan kebutuhan (2) pengembangan produk (3) Validasi ahli (4) revisi (5) uji coba dan (6) produk akhir. Produk ini dibagikan pada siswa menggunakan flashdisk atau CD. Produk ini telah direvisi berdasarkan hasil validasi mencakup tampilan desain dan konten. Produk akhir berupa materi berbasis komputer bernama Reading is Fun. Produk ini dapat dijalankan di semua komputer yang memiliki aplikasi Flash Playertanpa membutuhkan koneksi internet. Produk akhir terdiri atas penjelasan umum tentang produk 6 teks 2 video dan 6 latihan soal. Penjelasan secara umum tentang produk mencakup konten petunjuk penggunaan produk dan sumber konten di akhir produk. Produk ini mengaplikasikan tema pemburuan harta karun dengan tiga misi dimana misi pertama tentang teks deskripsi misi kedua tentang recount dan misi ketiga tentang narrative.Produk ini mengaplikasikan pop-up glossaryuntuk memudahkan peserta didik memahami kata-kata dalam teks. Terdapat dua video dalam teks deskripsi yang bertujuan untuk mengeksplorasi pengetahuan peserta didik tentang teks. Latihan soal dalam produk ini berupa pilihan ganda true false dan satu pertanyaan pengayaan di akhir soal. Latihan soal dalam produk ini dibuat menggunakan I-spring suited 8 yang memudahkan peserta didik untuk melihat kunci jawaban melihat nilai mereka dan mencetak hasil mereka. Di akhir permainan siswa akan mendapatkan 3 harta karun.Hasil uji coba pada peserta didik menunjukkan bahwa produk ini dapat digunakan sebagai materi tambahan membaca untuk peserta didik kelas VIII. Konten dalam produk telah sesuai dengan kurikulum tampilan dan desain produk telah sesuai dengan karakteristik siswa dan konten dalam produk dapat menarik perhatian siswa untuk membaca. Produk ini dapat digunakan sebagai materi tambahan membaca peserta didik di luar kelas. Dapat disimpulkan bahwaterdapat dua aspek yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan materi tambahan berbasis komputer yaitu kesesuaian konten dan kemenarikan produk untuk peserta didik. 8195 Produk ini diharapkan dapat digunakan oleh guru Bahasa Inggris sebagai materi tambahan membaca bagi peserta didik di luar kelas untuk mendukung pembelajaran mandiri peserta didik. Selain itu untuk peneliti yang tertarik untuk mengembangkan materi tambahan membaca berbasis komputer untuk peserta didik Sekolah Mengengah Pertama diharapkan dapat mengembangkan produk dengan teks dan latihan soal yang lebih bervariasi serta menerapkan animasi dan ilustrasi yang lebih menarik untuk peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |