Peningkatan motivasi belajar bangun datar siswa kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan dengan model pembelajaran teams games tournament (TGT) / Ma'rufah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi belajar bangun datar siswa kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan dengan model pembelajaran teams games tournament (TGT) / Ma'rufah

Ma'rufah (2010) Peningkatan motivasi belajar bangun datar siswa kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan dengan model pembelajaran teams games tournament (TGT) / Ma'rufah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ma rufah 2009. Peningkatkan Motivasi Belajar Bangun Datar Siswa Kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Skripsi Jurusan KSDP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Soerjono M. Ed. Kata Kunci Pembelajaran Model TGT Motivasi Belajar Bangun Datar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada pembelajaran bangun datar di kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam kelas tersebut rendah. Salah satu akar penyebabnya yaitu kurang tepatnya guru dalam memilih cara dan media selama pembelajaran sehingga siswa menjadi tidak termotivasi dalam belajar dan merasa bosan dengan suasana tersebut. Oleh karena itu perlu adanya suasana pembelajaran yang baru yang akan membuat siswa termotivasi untuk belajar sehingga hasil belajarnya pun meningkat. Salah satu model pembelajaran yang diyakini dapat membangkitkan motivasi siswa untuk belajar antara lain pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT). Dalam pembelajaran model TGT pada penelitian ini terdapat diskusi kelompok yang memiliki fungsi utama untuk mempersiapkan anggota-anggotanya agar melakukan yang terbaik dalam turnamen dan kuis . Kuis dilakukan karena TGT tidak secara otomatis menghasilkan skor yang dapat digunakan untuk menghitung nilai individual. Untuk menentukan nilai-nilai individual peneliti memberikan kuis setelah turnamen. Pemberian turnamen dan kuis dalam pembelajaran ini diyakini mengakibatkan timbulnya motivasi tinggi yang dapat memberikan dampak hasil belajar maksimal. Terlebih model pembelajaran ini sesuai dengan karakter siswa SD kelas V yang masih senang bermain dan mendapatkan hadiah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus belajar terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan implementasi tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan pada semester gasal tahun pelajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi untuk motivasi belajar dan tes untuk mengetahui pengaruh motivasi yang didapatkan terhadap hasil belajar. Berdasarkan observasi motivasi belajar atas aspek keantusisan keaktifan dan keceriaan terdapat peningkatan peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai rata-rata 90 poin siklus II motivasi belajar siswa mencapai rata-rata 159 5 poin (diperoleh dari jumlah poin siklus I pertemuan ke-I dan pertemuan ke-2 dibagi dua). Dari hasil rata-rata motivasi belajar siswa tiap siklus terdapat peningkatan sebesar 69 5 poin. Hal ini berarti siswa kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan yang terdiri dari 17 siswa mengalami peningkatan motivasi belajar bangun datar. Dengan demikian pembelajaran model TGT terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar bangun datar siswa kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan. Hasil belajar bangun datar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 41 18 dan hasil belajar bangun datar siswa pada siklus II pertemuan ke-1 dan pertemuan ke-2 mencapai rata-rata 67 06. Hal ini berarti terdapat peningkatan sebesar 25 91. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan selain mengalami peningkatan motivasi belajar bangun datar juga mengalami peningkatan hasil belajar bangun datar. Dengan demikian motivasi belajar bangun datar yang didapatkan dari penerapan pembelajaran model TGT dalam meningkatkan hasil belajar bangun datar siswa kelas V SDN Kenduruan I Sukorejo Pasuruan telah terbukti keberhasilannya dan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103109

Actions (login required)

View Item View Item