Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Ploso 03 Selopuro Kabupaten Blitar / Dyah Retno Novieni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Ploso 03 Selopuro Kabupaten Blitar / Dyah Retno Novieni

Novieni, Dyah Retno (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Ploso 03 Selopuro Kabupaten Blitar / Dyah Retno Novieni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keprihatinan yang peneliti temui di lapangan berkenaan dengan pembelajaran mata pelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah (1) hasil belajar siswa untuk memecahkan soal matematika masih rendah (2) guru lebih menekankan pada siswa untuk menerima apa yang disampaikan dan tidak memberikan kesempatan pada siswanya untuk memproses apa yang diterimanya (3) guru matematika di SMP dalam mengajar di kelas jarang menggunakan media pembelajaran. Kenyataan tersebut mencerminkan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika yang diperoleh oleh siswa ketika selesai mengikuti pelajaran kurang memuaskan sehingga masih perlu ditingkatkan. Salah satu alternatif pemecahannya adalah dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat antara lain dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan metode penemuan terbimbing dan kelompok siswa yang diajar dengan metode ekspositori (2) perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) interaksi antara penerapan pembelajaran (metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori) dengan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IX SMP. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Rancangan pembelajaran dikembangkan oleh peneliti berupa program pelaksanaan pembelajaran beserta LKS dan tes. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menerapkan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori dengan menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen factorial 2 x 2. Subjek penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rambipuji Jember dan SMP Negeri 3 Tanggul Jember. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling dimana yang dirandom adalah kelas. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Rambipuji dan kelas IXB SMP Negeri 3 Tanggul ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing sedang kelas IXD SMP Negeri 1 Rambipuji dan kelas IXD SMP Negeri 3 Tanggul ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan penerapan metode ekspositori. Jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 145. Data dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis varian (anava) dua jalur 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa berbeda secara signifikan jika diajar dengan menggunakan metode penemuan terbimbing dari pada metode ekspositori (2) hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi berbeda secara signifikan dari pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa. Statistik diskriptif menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing (rerata 76.00) terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan penerapan metode ekspositori (rerata 70.07). Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa metode penemuan terbimbing dan tingkat motivasi berprestasi berpengaruh terhadap perolehan hasil belajar matematika SMP. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada para guru untuk menggunakan metode penemuan terbimbing dalam mata pelajaran yang diampu pada pokok bahasan tertentu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar untuk itu perlu penelitian lebih lanjut terkait dengan adanya variabel moderator selain motivasi berprestasi (misalnya minat bakat gaya kognitif intelegensi sikap dan lain-lain) yang juga berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103105

Actions (login required)

View Item View Item