Using picture series strategy to improve the ability of tenth graders of SMK Negeri 4 Malang in writing recount texts / Arin Yunia Nur Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Using picture series strategy to improve the ability of tenth graders of SMK Negeri 4 Malang in writing recount texts / Arin Yunia Nur Lestari

Lestari, Arin Yunia Nur (2016) Using picture series strategy to improve the ability of tenth graders of SMK Negeri 4 Malang in writing recount texts / Arin Yunia Nur Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Arin Yunia Nur. 2016. Penggunaan Picture Series untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Malang dalam Menulis Teks Recount. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Gunadi H.S M.A. (II) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis teks recount picture series meningkatkan Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa siswa SMK Negeri Malang mempunyai permasalahan dalam kegiatan menulis. Permasalahan tersebut berhubugan dengan penyusunan dan pengembangan ide untuk menulis sebuah teks recount. Masalah tersebut disebabkan karena beberapa hal antara lain karena tidak ada strategi pembelajaran yang membantu siswa dalam kegiatan menulis teks recount. Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa SMK Negeri 4 Malang tersebut strategy picture series digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis terutama dalam kegiatan menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 32 siswa kelas 10 Jurusan Multimedia B SMK Negeri 4 Malang tahun ajaran 2015/2016. Langkah-langkah penerapan strategi picture series antara lain pertama siswa diperkenalkan dengan contoh picture series. Setelah itu siswa diperkenalkan bagaimaa memberikan keywords pada setiap gambar. Dari keywords tersebut siswa diperkenalkan bagaimana cara mengembangkan setiap semua keywords hingga menjadi sebuah karangan teks recount. Kedua dari karangan teks recount yang dibuat melalui strategi picture series siswa diperkenalkan tentang materi teks recount. Ketiga setelah siswa diperkenalkan dengan strategi pictrure series dan teks recount mereka diminta untuk melakukan kegiatan menulis dengan menggunkan picture series. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan strategi picture series berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Hasil tersebut ditunjukkan bhwa pada akhir penelitian sebanyak 87% siswa kelas X MM B mendapatkan nilai lebih dari 75 sebagai nilai KKM. Selain itu respon siswa terhadap penerapan strategi picture series sangatlah baik. Berdasarkan hasil penelitian guru Bahasa Inggris di SMK Negeri 4 Malang dan peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan strategi picture series agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran terutama dalam kegiatan menulis. Guru diharapkan untuk menerapkan startegi picture series untuk jenis teks yang lain seperti teks prosedur dan teks naratif. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan strategi picture series untuk jenis teks yang lain dan juga kepada subjek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item